Pengaruh jamur bagi kulit


Pengaruh jamur bagi kulit - Pada manusia, jamur dapat menyebabkan penyakit kulit yang disebut dermatomikosis, misalnya panu dan kadas. Jamur akan tumbuh lebih subur lagi bila kebersihan tubuh tidak terjaga, kondisi tubuh menurun,serta mengomsumsi beberapa jenis obat seperti antibiotic,steroid dan pil kontrasepsi.

Pengaruh Jamur pada kulit

Gejala penyakit jamur yaitu: kemerahan kulit yang terbatas tegas, erosi dan bersisik,benjolan keras pada kaki,tangan, atau lutut dan berwarna merah atau cokelat. Selain itu juga di bantu dengan pemeriksaan laboratorium. Misalnya pemeriksaan dengan sinar wood. Penyakit kulit yang kadang di timbulkan oleh jamur adalah:

  •  Panu 

Penyakit kulit ini mudah menyerang kulit yang tidak bersih. Pada permukaan kulit yang kotor akan hinggap jamur panu. Biasanya jamur ini lebih menyukai kulit yang tidak tertutup pakaian. Kita melihatnya di dada, wajah dan anggota gerak. Tampak bercak-bercak bulat berwarna kelabu dan bersisik.

Pencegahannya ialah peliharalah kebersihan kulit,jangan bersinggungan dengan penderita panu dan bilaslah seluruh badan dengan air sabun sehabis berenang di kolam renang umum.

  •  Kadas

Penyakit kadas ini di sebabkan oleh penyakit kulit. Selain panu, kadas juga mengenai kulit badan. Biasanya berbentuk bulat-bulat mirip cincin yang besarnya dapat selebar 10 cm, tepinya lebih kasar daripada bagian tengahnya,terasa gatal sekali karena jamurnya memilih tempat yang tak berbulu.

Pencegahannya ialah biasakan mandi bersabun merata kelipatan-lipatan kulit,keringkan badan sampai tuntas benar, penularan kadas dapat terjadi ditempat cukur rambut, untuk itu, mandilah sampai bersih sehabis cukur terutama bagian yang terkena alat cukur

thumbnail Title : Pengaruh jamur bagi kulit
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-06-01T08:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 08.30