Klasifikasi Tuba (Derris elliptica)


Klasifikasi Tuba (Derris elliptica) - Tuba merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara, yang biasanya dipakai dalam meracun serangga dan meracun ikan. Bagian tubuh dari tanaman ini yang mengandung racun yaitu pada akar yang mengandung rotenona. Nama ilmiah dari tanaman ini yaitu Derris elliptica

Akar Tuba

Daun Tuba

Tuba berjenis Liana (tumbuhan memanjat) berkayu, yang merambat dan membelit hingga setinggi 10m. Ranting-ranting yang tua berwarna kecoklatan, dengan lentisel serupa jerawat. Daun-daun tersebar, majemuk menyirip ganjil beranak daun 7-15 helai, bertangkai 13-23 cm; anak daun bertangkai pendek, memanjang sampai bentuk lanset atau bundar telur terbalik, 4-24 × 2-8 cm, dengan sisi bawah keabu-abuan atau kebiruan, sering berambut rapat; daun yang muda coklat-ungu.

Dahan berwarna merah gelap. Bunga zygomorf, agak perigin, relatif besar dan dengan penampilan yang khas. Tandan bunga dengan sumbu yang berambut rapat, tangkai  dan anak tangkai 12-26 panjangnya, bunga tiga-tiga pada ujung  cabang samping. Daun kelopak biasanya 5, sebagian bersatu menjadi tabung. Tumbuhan ini mempunyai akar tunggang. 

 Bunga terkumpul dalam tandan, dengan sumbu yang berambut rapat, tangkainya 12-26 cm. Kelopak bunga berbentuk cawan, berambut coklat rapat, tinggi 6-8 mm, hanya bagian bawah yang tumbuh sempurna. Bendera (mahkota) hijau dengan warna ros pucat, berambut rapat di bagian luar, bundar telur sampai oval lebar, lk. 2 cm garis tengahnya, pada pangkalnya dengan 2 telinga yang memutar membalik.

Tumbuhan peracun ikan ini tumbuh terpencar-pencar, di tempat yang tidak begitu kering, di tepi hutan, di pinggir sungai atau dalam hutan belukar yang masih liar dan kadang-kadang ditanam di kebun atau pekarangan. Di Jawa tanaman Tuba didapati mulai dari dataran rendah hingga ketinggian sekitar 1500 m dpl.

Kandungan kimia : Bahan kimia yang terkandung dalam dalam derris adalah rotenon, deguelin, elliptone dan toxicarol. Bagian tanaman yang digunakan adalah akar.

Bagian tanaman tuba yang sangat beracun adalah akar. Akar ditumbuk dan dilarutkan dalam air. Larutan tuba ini lah yang digunakan sebagai bahan aktif pestisda nabati. Racun akar tuba dulu dikenal dengan derrids, sekarang lebih dikenal dengan rotenone. Selain rotenone, tuba juga mengandung racun deguelin, racuh tephorsin, dan racun toxicarol.

Klasifikasi Tuba
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Fabales
Famili: Papilionaceae 
Genus: Derris

Spesies: Derris elliptica (Roxb.) Benth
thumbnail Title : Klasifikasi Tuba (Derris elliptica)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-06-13T13:33:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 13.33