Klasifikasi Nangka (Arthocarpus integra)


Klasifikasi Nangka (Arthocarpus integra) - Nangka merupakan buah asli Indonesia, dan tersebar di negara-negara tropis, dari segi bentuknya memiliki kesamaan dengan buah khas tropis lainnya yaitu Buah Durian. Buah nangka tergolong buah semu, karena terjadi dari bakal buah, dan tidak ada bagian yang lain yang ikut menjadi buah.  Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus atau biasa juga disebut dengan Artocarpus . Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Buah Nangka

Tanaman nangka tumbuh kokoh karena ditunjang oleh sistem perakaran yang kuat dari jenis akar tunggang dengan sistem percabangan akar yang cukup banyak. Sistem perakaran yang kuat ini menyebabkan tanaman nangka sering ditanam untuk keperluan konservasi lahan miring dan daerah aliran sungai. Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.


Buah nangka yang masih tertempel di dahannya

Berdasarkan kajian biologi (morfologi) percabangan batang simpodial dengan warna hijau kotor. Tingginya bisa mencapai 20-30 m dengan diameter batang mencapai 80 cm. Daun tanaman nangka tergolong daun tunggal yang tumbuh berselang-seling pada bagian ranting tanaman. Permukaan daun nangka bagian atas dan bawah memiliki penampilan yang berbeda. Permukaan daun bagian atas memiliki warna hijau cerah dengan tekstur yang licin, sedangkan permukaan daun bagian bawah berwarna hijau tua dengan tekstur yang kasar. Pangkal daun memiliki penumpu berbentuk segitiga dengan warna kuning kecoklatan.

Bunga tumbuhan nangka berrumah satu ( monoecious ). Perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuhpada sisi batang atau cabang batang tua, bunga jantan dalam bongkolberbentuk gadang atau gelondong 1-3 x 5-8 cm, dengan cincin berdagingyang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan,danberbau harum samar apabila masak, bunga nangka disebut babal, setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk ( ditumbuhi kapang ) danmenghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh, bunga betinadalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.

Bunga Nangka

Biji. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2 – 4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat yang seperti kulit, endokarpyang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak.keping bijinya tidak setangkup dan keping biji berkeping dua (Dicothyledone).

Klasifikasi Nangka (Arthocarpus integra)
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas: Dicotyledoneae
Bangsa: Urticales
Suku : Moraceae
Marga: Artocarpus
Jenis : Artocarpus integra Merr.


thumbnail Title : Klasifikasi Nangka (Arthocarpus integra)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-03T14:20:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.20