Cara pencegahan infeksi dari jamur dan cara perawatan kulit


Cara pencegahan infeksi dari jamur dan cara perawatan kulit - Cara pencegahan infeksi dari jamur -Infeksi jamur yang paling sering di Indonesia adalah ”panu” yang disebabkan jamur Malassezia furfur yang angka kejadiannya mencapai 50% di negara yang beriklim panas dan Athlete’s foot atau infeksi jamur pada kaki. 

perawatan kulit

Namun infeksi jamur ini dapat kita cegah dengan membudayakan 5 Pencegahan Infeksi Jamur sebagaimana dirumuskan oleh Prof. DR. Dr. Jan Susilo Sp.MK, Sp ParK (Spesialis Mikrobiologi Klinik dan Parasitologi Klinik), yakni:

Jangan biarkan pakaian Anda basah karena keringat,Jangan bertukar handuk dengan orang lain,Gunakan kaos kaki yang menyerap keringat dan ganti setiap hari,Gunting kuku tangan dan kaki,Cuci tangan dan mandi dengan air bersih.


  • Cara perawatan kulit agar tidak terjangkit jamur

Serangan jamur kulit yang paling sering terjadi adalah bau badan yang tidak sedap dan rasa gatal. Keringat segar itu sendiri pada dasarnya tidak berbau. Bau badan tak sedap timbul akibat bakteri jamur yang menempel dan terdapat didalam keringat. Jamur ini paling senang menyerang daerah lipatan tubuh, seperti pada ketiak dan sekitar selangkangan.

Salah satu perawatan yang paling mudah dilakukan adalah mandi dengan menggunakan sabun antiseptic maupun anti bakteri. Paling tidak hal ini dilakukan sehabis olah raga atau bekerja keras yang menghasilkan keringat banyak. Selain itu, kita juga dapat menggunakan deodorant yang biasanya terbuat dari campuran wangi- wangian dari zat anti kuman.

thumbnail Title : Cara pencegahan infeksi dari jamur dan cara perawatan kulit
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-06-01T09:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.30