Klasifikasi Cacing Cambuk (Trichuris trichiura)


Klasifikasi Cacing Cambuk (Trichuris trichiura) - Cacing cambuk yang dikenal sebagai Trichuris trichiura dalam bahasa latin merupakan salah satu contoh hewan Nematoda. Cacing ini biasanya hidup di Usus besar manusia. Dinamakan cacing cambuk karena bentuknya seperti cambuk, di mana bagian kepalanya bertekstur halus dan bagian ekornya menebal.Cacing yang telah dewasa memiliki panjang sekitar 4–5 cm. Cacing cambuk betina memiliki panjang sekitar 5 cm dengan ciri-ciri ekor membulat tumpul dan jantan memiliki panjang 4 cm dengan ciri-ciri ekor melingkar. Cacing ini termasuk yang memiliki perkembangbiakan yang cepat karena cacing betina dapat menghasilkan telur sebanyak 3.000-10.000 butir telur setiap harinya.

Telur berbentuk mirip buah lemon dan berukuran 50 µm x 22 µm, berkulit tebal dan licin terdiri atas dua lapis dan berwarna trengguli-coklat. Pada masing-masing kutubnya dilengkapi tutup (plug) transparan yang menonjol Telur berisi massa granula yang seragam, berwarna kuning.  Di tanah telur dapat berkembang setelah 10-14 hari menjadi telur berembrio (berisi larva) yang bersifat infektif. Telur T.trichiura harus dibedakan dari telurCapillaria hepatica yang berbentuk lonjong seperti telur T.trichiura. Telur Capillaria hepatica berukuran 51-67 x 30-35 µm dan kedua kutubnya terdapat plug tetapi tidak menonjol dan kulit telur bergaris radier. Cacing dewasa jarang ditemukan di dalam tinja karena melekat pada dinding usus besar . Bagian kepala cacing ini terbenam dalam mukosa dinding usus sedangkan ujung posteriornya lebih tebal dan terletak bebas di lumen usus besar.

Cacing cambuk dapat bersarang di dalam tubuh manusia. Biasanya cacing ini menyerang anak-anak atau balita karena anak-anak itu senang bermain di atas tanah dan lupa mencuci tangan ketika makan, sehingga telur cacing tersebut termakan oleh mereka.Dan juga didasari oleh pola hidup dimasyarakat yang kurang menjaga kebersihan. Telur yang telah menjadi larva akan tertelan oleh manusia kemudian menetas dan keluar dari di dalam usus halus, lalu akan menuju ke usus besar. Di dalam usus besar itulah, cacing ini menyebar dan berkembang menjadi cacing dewasa.Cacing ini dapat menghisap darah dengan memasukkan kepalanya melalui dinding usus sehingga menyebabkan anemia pada orang yang bersangkutan.Masa pertumbuhan cacing cambuk hingga dewasa adalah sekitar 30-90 hari dan cacing ini dapat bertahan hidup selama beberapa tahun

Klasifikasi Cacing Cambuk
KINGDOM Animalia
FILUM Nemathelminthes
KELAS Nematoda
ORDO Enoplida
FAMILI Ttichinelloidea
GENUS Trichuris
SPESIES Trichuris trichiura
thumbnail Title : Klasifikasi Cacing Cambuk (Trichuris trichiura)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-07-10T22:41:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.41