Peranan Mollusca


Peranan Mollusca - Ada empat kelas utama dalam filum mollusca, gastropoda, kerang, Cephalopoda dan Polyplacophora. Gastropoda termasuk nudibranch, keong dan siput. Mereka membentuk dari sepertiga dari kelompok moluska dan kebanyakan kerang spiral tunggal tetapi beberapa tidak memiliki cangkang. Bivalvia termasuk kerang tiram dan kerang. Bivalvia memiliki dua cangkang identik yang berengsel. Cephalopoda termasuk gurita, cumi-cumi dan sotong dan tidak seperti kebanyakan moluska mereka memiliki sistem peredaran darah tertutup. Mereka dibagi lagi menjadi beberapa kelompok tergantung pada jumlah tentakel dan mereka semua memiliki abillity untuk mengubah warna sehingga mudah bagi mereka untuk bersembunyi dari bahaya. Polyplacophora termasuk Chitons dan umumnya hidup terjepit pada batu dan permukaan lainnya. Mereka tidak memiliki mata atau tentakel.

Peranan Mollusca

Banyak hewan Mollusca yang dagingnya dapat dimakan (cumi-cumi, kerang, siput) sehingga dapat difungsikan sebagai sumber protein hewani. Kerang mutiara menghasilkan butiran mutiara yang bernilai ekonomi tinggi. Beberapa cinderamata dapat dibuat dari cangkang hewan Mollusca.

Moluska dalam Studi Ilmiah

Beberapa moluska adalah subjek ideal untuk penyelidikan ilmiah dari sistem saraf. Cumi-cumi raksasa memiliki sistem saraf yang canggih dan otak yang kompleks untuk belajar. Siput laut California juga disebut kelinci laut California, yang digunakan dalam studi pembelajaran dan memori karena memiliki sistem saraf sederhana, terdiri dari hanya beberapa ribu, neuron yang mudah diidentifikasi. Neuron ini bertanggung jawab untuk berbagai tugas-tugas belajar. Beberapa penelitian otak siput bahkan telah memungkinkan para ilmuwan untuk lebih memahami otak manusia. Beberapa gurita dan cumi-cumi yang sangat cerdas. Mereka mampu belajar untuk memecahkan masalah dan melakukan labirin.

Selain menguntungkan, beberapa Mollusca seperti siput dan keong sangat merugikan petani karena sering menimbulkan kerusakan pada tanaman budidaya. Siput Lymnaea sp berperan sebagai inang perantara bagi cacing parasit.
thumbnail Title : Peranan Mollusca
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-25T20:19:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.19