Membrane Transport



Transport melalui membran dapat berlangsung dengan cara:

salah satu proses transpor membran
  • Osmosis: adalah pergerakan molekul-molekul air melalui mebran permeable selektif menuju ke larutan ynag relative mengandung zat terlarut dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Landaian (gradient) menentang tekanan osmotic atau tekanan hidrostatik.
  • Difusi: gerakan molekul-molekul zat terlarut dalam suatu terlarut dalam suatu larutan atau tanpa melalui membrane permeable selektif dari tempat dengan konsentrasi lebih tinggi menuju ke tempat dengan konsentrasi lebih rendah.
  • Filtrasi: pergerakan air, biasanya mengandung zat terlarut, karena adanya tekanan hidrostatik melalui membrane filtrasi, misalnya filtrasi glomerulus. Dipengaruhi oleh besarnya tekanan darah dan besarnya pori-pori pada membrane filtrasi.
  • Difusi: atau facilitated diffusion adalah transfor atau pengangkutan melintasi membrane menuju kea rah gradient konsentrasi yang lebih rendah dengan bantuan protein pembawa (carrier proteins).
  • Transfor Aktif: transport yang dilakukan secara aktif melalui protein pembawa, melintasi membrane tergantung gradient konsentrasi, dalam hal ini tergantung pada banyaknya protein pembawa yang ada, banyaknya substrat, dan ATP.
  • CoTransport & Counter Transport: dimana protein pembawa mentranspor 2 macam substansi yang berbeda masuk atau ke luar membrane secara simultan , contohnya transport glukosa, dan ion Na+, bersama-sama
  • Kounter Transport: berlangsung dimana protein pembawa mentranspor 2 macam substansi yang berbeda kea rah yang berlawanan secara simultan, contohnya pompa ion K+ dan ion Na+ atau K+ / Na+ pump.


thumbnail Title : Membrane Transport
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-01-23T14:20:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.20