Pengertian Reseptor


Pengertian Reseptor - Reseptor merupakan dari bagian sistem saraf sangat peka terhadap rangsang, karena mempunyai derajat iritabilitas yang sangat tinggi dan berfungsi sebagai transduser (mampu mentransformasikan/mengubah bentuk rangsang seperti dari gelombang cahaya, gelombang suara, kimia, atau fisika menjadi arus listrik) selanjutnya impuls (potensial aksi yang menjalar) yang berupa arus listrik ini akan dihantarkan ke sistem saraf pusat untuk dikoordinasikan,diintegrasikan, dan dikorelasikan yang ditransformasikan kembali kedalam bentuk persepsi atau sensasi. Reseptor dapat berupa ujung-ujung saraf bebas atau sel-sel khusus.

reseptor

Reseptor dapat berarti:
  • Reseptor indra, dalam fisiologi, yaitu struktur pada sistem saraf yang peka terhadap rangsangan pancaindra.
  • Reseptor (biokimia), dalam biokimia, yaitu protein yang mampu berikatan dengan molekul sinyal tertentu dan menyebabkan respons di dalam sel.
Terdapat beberapa reseptor sensori yang menyampaikan informasi tentang lingkungan dalam dan lingkungan luar ke sistem saraf pusat (SSP) tetapi tidak semuanya bekerja di atas kesadaran. Contohnya, gelendong otot memberikan informasi tentang panjang otot serta contoh lainnya yaitu reseptor-reseptor lain memberikan informasi tentang tekanan darah arteri, level oksigen dan karbon dioksida dalam darah, ataupun pH cairan serebrospinal.

Reseptor sensori dapat dikatakan sebagai transduser yang mengubah berbagai bentuk energi di lingkungan menjadi potensial aksi di neuron sensori. Reseptor cutaneus untuk rabaan dan tekanan adalah mekanoreseptor. Proprioseptor terletak di otot, tendon, dan sendi untuk menyampaikan informasi tentang panjang dan tegangan otot. Termoreseptor mendeteksi sensasi hangat dan dingin. Stimulasi yang berpotensi berbahaya seperti nyeri, panas yang ekstrem serta dingin yang ekstrem dihantarkan oleh nosireseptor. Istilah kemoreseptor menjurus ke reseptor yang distimulasi oleh perubahan komposisi kimia di lingkungan di mana mereka terdapat. Yang termasuk reseptor ini adalah reseptor untuk pengecapan dan penghidu dan juga reseptor visceral seperti reseptor yang sensitif terhadap perubahan level O2, Mh, dan tekanan osmosis di plasma. Fotoreseptor adalah sel batang dan sel kerucut di dalam retina yang berespon terhadap cahaya.
thumbnail Title : Pengertian Reseptor
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-27T05:53:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 05.53