Pengertian Jamur (Fungi)


Pengertian Jamur (Fungi) - Semua jamur adalah organisme eukariotik dan setiap sel jamur mempunyai sedikitnya 1 nukleus,reticulum endoplasma,mithokondria dan apparatus sekretorik. Kebanyakan jamur bersifat obligat atau fakultatif aerob. Mereka bersifat kemotrpik,mensekresi enzimyang mendegradasi banyak varietas substrat organic menjadi nutrien yang dapat larut yang kemudian diabsorbsi secara pasif atau di ambil kedalam sel melalui transport aktif.

Jamur atau Fungi
Fungi(jamur) adalah organisme eukariotik yang bersel tunggal atau banyak dengan tidak memiliki klorofil. Sel jamur memiliki dinding yang tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebut dalam klasifikasi makhluk hidup, Jamur dipisahkan dalam kingdom nya tesendiri,ia tidak termasuk dalam kindom protista,monera, maupun plantae. Karena tidak berklorofil, jamur temasuk ke dalam makhluk hidup heterotof (memperoleh makanan dari organisme lainnya), dalam hal ini jamur hidup dengan jalan menguraikan bahan-bahan organik yang ada di lingkungannya. Jamur berhabitat pada bermacammacam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme. Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes. Jamur dibedakan menjadi 4 divisio, yaitu Zygomycota, Ascomycota, Basidiomycota, dan Deuteromycota.

Kebanyakan jamur terdapat di alam dan tumbuh dengan cepat pada sumber nitrogen dan karbohidrat yang sederhana. Secara tradisional,agar sabouraud yang mengandung glukosa dan pepton modifikasi, telah di pakai karena ia tidak cepat mendorong pertumbuhan bakteri. 
thumbnail Title : Pengertian Jamur (Fungi)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-31T09:22:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 09.22