Inilah 3 Manfaat yang Akan Diperoleh Jika Anda Melaksanakan Ibadah Umroh Bulan Puasa


Setiap orang tentu mengharapkan pahala yang besar saat menjalankan ibadah. Setiap ibadah memiliki manfaat yang baik bagi pelaksananya salah satunya adalah adanya pahala yang bisa diperoleh agar orang tersebut bisa masuk surga. Hal inilah yang membuat banyak umat beragama berlomba-lomba melaksanakan ibadah dengan kualitas yang baik.

umroh bulan puasa

Hal ini juga berlaku pada ibadah umroh. Ibadah yang dilakukan di kota Mekkah dan Madinah ini merupakan replikasi dari ibadah besar umat islam yaitu ibadah haji. Beberapa orang juga memilih untuk menjalankan ibadah ini pada waktu-waktu yang dianggap mampu memberikan pahala lebih salah satunya adalah bulan Ramadhan.

Ibadah umroh bulan puasa dinilai mampu meningkatkan pahala berkali-kali lipat karena dilaksanakan pada bulan yang penuh barokah. Lantas seberapa besar pahala yang bisa diperoleh jika melaksanakan ibadah di bulan ramadhan? Berikut ulasannya.

Pahala yang Sama Dengan Haji

Besarnya pahala yang akan diperoleh jika menjalankan ibadah umroh di bulan ramadhan ternyata bisa menyamai besarnya pahala menjalankan ibadah haji. Hal ini terncantum dalam penggalan hadits riwayat Bukhori yang berbunyi “Maka nabi berkata “Jika Ramadhan tiba, berumrohlah saat itu karena umroh Ramadhan senilai dengan haji” “ .

Atas dasar hadits inilah yang membuat banyak umat muslim berlomba-lomba melaksanakan ibadah umroh bulan puasa. Meski dinilai memiliki ujian yang lebih berat daripada saat pelaksanaan diluar bulan ramadhan, namun banyak orang yang melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan mengaku mendapatkan berbagai kemudahan dan ketenangan setelah beribadah.

Ladang Jihad Bagi Wanita
Manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dengan melaksanakan ibadah umroh di bulan ramadhan adalah pahala yang setimpal dengan pahala jihad. Hal ini berlaku bagi para muslimah atau kaum wanita. Jika kata jihad cenderung cocok disematkan pada kaum pria dengan perang-perang yang diikutinya, ternyata kaum wanita juga bisa merasakan perjuangan jihad tersebut melalui ibadah umroh terutama umroh bulan puasa.

Hal ini tercantum dalam hadits riwayat Ibnu Majah yang menceritakan saat Aisyah RA bertanya pada Rasulullah SAW apakah seorang wanita harus berjihad atau tidak. Tanpa disangka, Rasulullah menjawab bahwa wanita harus berjihad tanpa peperangan yaiti dengan cara melaksanakan ibadah haji dan umroh. 

Menjadi Pribadi yang Lebih Sabar

Memiliki pribadi yang baik tentu menjadi keinginan semua orang tanpa terkecuali. Melaksanakan ibadah umroh juga ternyata mampu membentuk pribadi menjadi lebih baik. Manfaat ini akan semakin terasa jika Anda melaksanakannya saat bulan ramadhan. Melaksanakan ibadah umroh bulan puasa dinilai mampu membuat pelaksananya memiliki pribadi yang lebih sabar dari sebelumnya.

Menjalankan ibadah puasa dibarengi dengan ibadah umroh tentu memberikan ujian yang lebih pada setiap pelaksananya. Hal ini karena Anda harus menjalankan ibadah umroh dalam kondisi menahan lapar serta menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa. Dengan ujian yang cukup berat, hal ini akan menempa kepribadian Anda menjadi lebih penyabar dalam menjalani setiap jalan kehidupan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh saat menjalankan ibadah umroh di bulan ramadhan. Untuk bisa menjalankan ibadah umroh di bulan ramadhan, Anda bisa mencari biro jasa resmi yang memiliki program ini. Dengan menggunakan biro jasa yang resmi, Anda akan bisa menjalankan ibadah dengan lebih terarah dan lebih maksimal.

Menjalankan ibadah umroh bulan puasa akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan Anda. Dengan melaksanakan ibadah, Anda akan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan memiliki kehidupan yang lebih baik.
thumbnail Title : Inilah 3 Manfaat yang Akan Diperoleh Jika Anda Melaksanakan Ibadah Umroh Bulan Puasa
Posted by : Budi
Published : 2020-03-01T22:41:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.41