Pengertian Imunositokimia


Pengertian Imunositokimia - Interaksi berafinitas tinggi di antara makro molekul adalah dasar dari berbagai teknik penting seperti histokimia lektin, imunohistokimia, dan hibridisasi in situ.


imunositokimia

Metode ini memungkinkan penelitian tentang keberadaan dan aktivitas makromolekul spesifik dalam sel dan jaringan. Selain itu, iteraksi ini bersifat reversible dan tidak bergantung pada ikatan kimia klasik. Contoh oenelitian yang paling baik adalah interaksi antigen-antibodi. Interaski berafinitas tinggi juga digunakan untuk menempatkan segmen asam nukleat (hibridisasi) dan separuh karbohidrat spesifik (ikatan lektin). Interaski berafinitas tinggi lain menyediakan penanda molekular untuk makromulekul (misalnya, faloidin, yang berinteraksi dengan aktin di dalam mikrofilamen).

Cara-cara yang menggunkan antibodi berlabel telah terbukti paling berguna dalam menetapkan tempat protein spesifik dan makromulekul tertentu lainnya seperti asam nukleat dan polisakarida. Tes ini berdasarkan reaksi tubuh bila terkena substansi asing yang disebut antigen atau imunogen. Tubuh akan berespon dengan menghasilkan protein antibodi yang bereaksi secara spesifik dan terikat kuat pada antigen dan dengan demikian mentralisasi substansi asing itu. Antibodi adalah protein dari kelompok globulin (imunoglubin) yang muncul dalam plasma dan cairan jaringan setelah kemasukan antigen. Dihasilkannya antibodi ini membuat organisme mampu untuk melawan invasi mikroorganisme asing dan menghilangkan tertentu serta bahan asing lainnya yang tidak dikenal sebagai self.
thumbnail Title : Pengertian Imunositokimia
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-03-11T13:26:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 13.26