Klasifikasi Rumput Gajah


Klasifikasi Rumput Gajah - Halo sahabat biologi, kali ini kembali kita berjumpa membahas Klasifikasi beragam jenis tumbuhan dan hewan. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang Rumput Gajah, mulai dari morfologi dan klasifikasinya.

Rumput Gajah

Rumput gajah sering kita temui di halaman rumah, sekolah maupun di lapangan kompleks. Rumput liar yang berukuran besar, yang sering dijadikan makanan ternak herbivora seperti sapi, kambing, kuda dan hewan herbivora lainnya. Di Afrika paling banyak dibudidayakan karena ketahanannya terhadap panas. Dalam Bahasa Latin sering disebut dengan nama Pennisetum purpureum, dalam Bahasa Inggris disebut elephant grass, Uganda grass. Dapat tumbuh pada dataran rendah sampai
kepegunungan. Toleransi terhadap tanah yang cukup luas asalkan tidak mengalami genangan air. 

Rumput gajah mempunyai beberapa varietas, antara lain varietas Afrika dan Hawai.
  1. Varietas Afrika ditandai dengan batang dan daun kecil, tumbuh tegak, berbunga, dan produksi lebih rendah dari varietas Hawai.
  2. Varietas Hawai ditandai dengan batang dan daun lebar, pertumbuhan rumpun sedikit menyamping, produksi lebih tinggi, juga berbunga.

Rumput gajah termasuk tanaman tahunan membentuk rumpun yang terdiri 20-50 batang dengan diameter lebih kurang 2,3 cm. Tumbuh tegak dan lebat, batang diliputi perisai daun yang berbulu dan perakaran dalam. Tinggi batang mencapai 2-3 m, lebar daun 1,25-2,50cm serta panjang 60-90cm. 

Rumput gajah dapat tumbuh pada ketinggian 0-3000 m di atas permukaan laut (dataran rendah sampai dataran tinggi), dan tumbuh baik pada tanah subur dan tidak terlalu liat, pH tanah lebih kurang 6,5 dengan curah hujan sekitar 1000mm/tahun. Daya adaptasi sangat luas mulai dari jenis tanah tekstur ringan, sedang sampai berat, dan tanah yang kurang subur serta dikelola dengan kurang baik rumput gajah masih tetap menghasilkan hijauan yang tinggi. Kondisi tanah yang diperlukan untuk menghasilkan produksi yang optimal adalah tanah yang lembab, kelembapan yang dikehendaki oleh rumput gajah adalah 60-70%

Klasifikasi Rumput Gajah (Pennisetum purpureum)
Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
Sub kingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembulu )
Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas : Liliopsida ( Berkeping satu/ monokotil )
Sub kelas : Commelinidae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae ( Rumput – rumputan )
Genus : Pennisetum
Spesies : Pennisetum purpureum
thumbnail Title : Klasifikasi Rumput Gajah
Posted by : Budianto
Published : 2019-07-04T22:14:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.14