Bahaya Rayap Kayu


Tubuh Yang kecil namun nyatanya berbahaya itulah Rayap kayu. Di antara semua jenis serangga, hewan pengerat, hama, dan berbagai makhluk lain yang mengganggu dan membuat pemilik rumah merasa tidak nyaman, tidak ada yang lebih berbahaya daripada hewan tersebut. Kita akan ulas seperti apa Bahaya Rayap Kayu beserta cara mengatasinya. 

Bahaya Rayap Kayu
Bahaya Rayap Kayu

Keberadaan rayap di rumah merupakan mimpi buruk bagi setiap pemilik rumah. Apalagi kondisi di Indonesia yang sangat cocok bagi habitat rayap. Kondisi iklim Indonesia yang memiliki suhu udara hangat, tetapi memilki kelembapan udara yang tinggi , tanah yang pada umumnya kaya bahan organik dan penggunaan kayu yang dijadikan kebutuhan utama dalam kerangka bangunan rumah. Bagian komponen bangunan yang rawan terhadap serangan rayap adalah balkon, teras, sambungan talang air hujan, kerangka atap, ventilasi, hubungan antara dinding bata dan ampik kayu, serta hubungan antara dinding bata dan atap. Hal ini sangat beresiko menjadi tempat sarang rayap yang menghancurkan rumah kalian. 

Perusakan pertama yang dilakukan oleh rayap mungkin tidak terlihat selama lima tahun pertama sejak rayap mulai menyerbu. Pada saat itu, mungkin Anda telah terlambat. Mungkin rumah adalah investasi terbesar yang pernah Anda lakukan dan merupakan sesuatu yang paling berharga bagi Anda. Itulah Bahaya rayap kayu. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi rumah dari rayap, dan untuk menyingkirkan rayap dari rumah Anda dengan segera apabila properti Anda telah diserbu oleh rayap. 

Temukan Sarangnya 

Mungkin keberadaan rayap tidak terlihat, tetapi bukan berarti mengabaikannya. Tanda-tanda serangan rayap kayu ini adalah kayu mengendur, lubang di benda-benda dari kayu dan fondasi rumah yang berongga. Atau mungkin juga Anda benar-benar melihat rayap dengan mata kepala sendiri. 

Singkirkan Rayap 

Ada beberapa cara menyingkirkan rayap yaitu: 

  • Perangkap kardus. Kalian bisa mengambil beberapa lembar kardus, lalu tetesi dengan air dengan basah dan tumpuk kardus tersebut di tempat yang biasa dikunjungi rayap. Kardus sangat disukai oleh rayap dan dapat dijadikan sebagai perangkap karena kandungan selulosanya. Saat kardus tersebut telah diserbu rayap, bawalah ke area yang aman dan bakar kardusnya. Ulangi tindakan ini beberapa kali. 
  • Jemur kayu di bawah terik sinar matahari. Jika benda yang diserang rayap bukan bagian dari rumah melainkan perabot atau benda yang bisa dikeluarkan dari rumah, jemur benda tersebut di bawah sinar matahari. Rayap hidup dalam kegelapan, dan akan mati jika terkena panas dan cahaya matahari. Di hari yang cerah, bawalah perabot Anda ke luar rumah selama mungkin, sebaiknya 2 hingga 3 hari. 
  • Cuka. Caranya luruhkan cuka pada bagian yang terdapat rayap, lakukan hal tersebut secara terus menerus selama 8 hari. Kemudian rayap yang bersarang pada bangunan atau perabotan Anda akan pergi. 
  • Minyak esensial. Beberapa minyak esensial berfungsi memberantas rayap dengan efektif. Salah satunya adalah minyak cengkeh, sebab minyak tersebut dapat membunuh hingga ke akarnya, sehingga rayap tidak dapat berkembang biak dan mewabah kembali. Cara penggunaannya cukup mudah, tuangkan ked alam botol semprot. Lalu semprotkan pada bagian dinding kayu atau furnitur yang menjadi sarang rayap. 

Jangan Pelit Ventilasi 

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembap dan minim sinar matahari. Jika memiliki rumah dan banyak perabot berbahan kayu, maka cara membasmi rayap yang efektif adalah membangun ventilasi yang memadai sehingga sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur berbahan kayu pun tidak akan mudah dimakan rayap. 

Menutup retakan di setiap rumah 

Hal yang paling harus diperhatikan untuk kamu yang memiliki rumah adalah memeriksa secara berkala kondisi rumah. Kita tidak pernah menyadari adanya retakan jika tidak diperiksa secara teliti. Retakan yang muncul tersebut dapat menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah sehingga kita kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap ketika koloni rayap sudah terbentuk. Oleh karena itu, periksa sisi rumahmu dengan seksama. 

Itulah bahaya rayap kayu dan cara mengatasinya. Beberapa perlakuan diatas sudah banyak yang membuktikannya. Yang paling penting adalah mencegah terlebih dahulu baru mengatasinya, karena setelah mencegah kalian tidak perlu susah payah lagi untuk membuang tenaga untuk membasmi hama rayap kayu. 

thumbnail Title : Bahaya Rayap Kayu
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-11-19T22:10:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.10