Berikut Aturan Pakai Sumplemen Zinc untuk Anak Diare



Kesehatan pencernaan dapat dijaga dengan langkah-langkah sederhana atau mudah, diantaranya adalah memulai dari menjaga kebersihan produk makanan maupun minuman yang dikonsumsi, sampai dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan, sepele namun sering kali tidak dilakukan. berbagai macam masalah pencernaan rentan menyerang siapa saja, diantaranya adalah diare, penyakit yang pernah menjadi wabah mematikan di dunia.




Pada dasarnya masalah pencernaan ini paling rentan dialami oleh anak-anak dan juga bayi, meskipun tergolong sebagai jenis penyakit sederhana, namun patut untuk segera mendapatkan pengobatan agar tidak bertambah parah. Diantaranya memberikan zinc kepada mereka yang terkena penyakit ini. Zinc ini bekerja sebagai senyawa untuk mengurangi efek samping serius pada anak-anak ketika tengah terkena diare. Pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare sehingga lebih cepat pulih dan mengurangi resiko terjangkit diare kembali kedepannya. Lalu bagaimana konsumsinya yang tepat, berikut ini yang wajib Anda ketahui, yaitu:

  1. Berikan sesuai dosis yang dibutuhkan oleh tubuh, jangan kurang apalagi berlebihan, sesuaikan dengan kebutuhan zinc pada usia mereka. Misalnya untuk anak-anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun, maka hendaknya diberikan 1 sdt perhari, selama kurang lebih 10 hari.
  2. Hati-hati dengan mereka yang memiliki resiko alergi terhadap beberapa jenis senyawa tertentu, lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum pemberiannya, sehingga tidak menyebabkan efek samping serius.
  3. Jangan dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan yang lainnya, karena hal ini hanya akan membuat manfaat dari zinc tersebut akan berkurang, jadi konsumsi sendirian setelah makan.
  4. Jika seandainya terjadi masalah atau gejala-gejala kurang menyenangkan setelah konsumsinya, seperti mual, muntah hingga pusing bisa jadi jumlah yang dikonsumsi tersebut berlebihan atau istilahnya adalah overdosis.
Jadi alangkah baiknya Anda mengikuti aturan pakai yang ada dalam mengkonsumsinya. Kesehatan saluran cerna juga dipengaruhi oleh keberadaan bakteri baik yang ada di dalamnya. Probiotik untuk kesehatan saluran cerna ini agaknya juga memiliki manfaat tak kalah penting, jadi harus dijaga jumlahnya.

thumbnail Title : Berikut Aturan Pakai Sumplemen Zinc untuk Anak Diare
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-06-20T19:39:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.39