Produktivitas dalam Ekosistem


Produktivitas dalam Ekosistem - Produktivitas dalam ekosistem merupakan hasil keseluruhan sistem dalam bentuk bioenergi per satuan waktu dalam ekosistem dengan uraian sebagai berikut:

Produktivitas dalam ekosistem


Ingat kembali materi pada subbab aliran energi dalam ekosistem, diterangkan
bahwa sumber energi makhluk hidup di bumi berasal dari energi matahari.
Energi yang masuk ke dalam ekosistem akan diterima oleh produsen
(tumbuhan hijau) kemudian akan diubah menjadi energi kimia dalam bentuk
senyawa organik yang dapat digunakan sebagi bahan makanan yang disebut
Produksi Primer.

Laju penyimpanan energi dalam bentuk senyawa kimia oleh produsen (tumbuhan hijau) per satuan luas per satuan waktu (kalori/cm2/tahun) disebut sebagai Produktivitas Primer Kotor (PPK). Sekitar 20% dari energi PPK digunakan oleh tumbuhan hijau untuk proses pernapasan (respirasi) dan sisanya sekitar 80% disimpan oleh tumbuhan hijau (penyusun tubuh tumbuhan) disebut sebagai Produksi Primer Bersih (PPB). Selanjutnya, PPB dimanfaatkan oleh konsumen (heterotrof) seperti hewan dan manusia, konsumen itu mesintesis energi dan disimpan di dalam jaringan. Laju penyimpanan energi pada konsumen disebut sebagai Produktivitas Sekunder.

Arus energi pada rantai makanan, ada sebagian energi yang terbuang pada setiap tingkat taraf trofi. Energi yang hilang tersebut dapat membatasi panjang atau pendek suatu rantai makanan di dalam ekosistem. Jika energi yang hilang semakin sedikit, maka rantai makanan semakin panjang atau sebaliknya.

Energi yang hilang pada proses respirasi tumbuhan hijau tidak dapat dipindahkan pada organisme lain. Adapun energi yang terbuang melalui sisa pencernaan (egesta) berupa feses dan energi yang terbuang melalui sisa metabolisme (ekskreta) berupa urin tidak hilang, tetapi energi tersebut dipindahkan pada organisme lain, yaitu dekomposer dan detritivor.

Dari uraian itu dapat disimpulkan bahwa produktivitas ekosistem merupakan indikator untuk mengukur total aliran energi melalui semua tingkat taraf trofi sehingga jumlah kehidupan yang didukung oleh aliran energi dalam suatu ekosistem dapat dihitung sebagai berikut.


  1. Produktivitas Primer Bersih (PPB) = laju pertumbuhan membuat energi kimia (PPK) - laju pertumbuhan menggunakan energi kimia
  2. Makanan dikonsumsi = tumbuhan + respirasi + egesta + ekskreta
thumbnail Title : Produktivitas dalam Ekosistem
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-08-06T19:29:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.29