Ini Mitos tentang Diet Penderita Diabetes


Lancarkan diet diabetes Anda dengan tidak memedulikan mitos-mitos berikut ini. 

Orang yang telah didiagnosis diabetes, tentu perlu melakukan suatu perubahan di dalam hidupnya, salah satunya dengan mengubah pola makan. Tapi sayangnya, karena terlalu banyak mitos diet yang beredar, penderita diabetes menjadi khawatir untuk menerapkan hal itu. 

Padahal, tak semua info yang beredar itu benar adanya, lho. Oleh sebab itu, kenali mitos tentang diet penderita diabetes berikut ini agar Anda tak lagi merasa was-was. 

Karbohidrat Buruk bagi Penderita Diabetes = Mitos

Kepada KlikDokter, dr. Muhammad Anwar Irzan mengatakan, karbohidrat itu tetap baik untuk penderita diabetes. Bahkan, karbohidrat menjadi fondasi untuk diet sehat menu diabetes. 

“Namun, karbohidrat memiliki efek yang besar terhadap kenaikan gula darah, sehingga mereka disarankan untuk memerhatikan berapa banyak karbohidrat yang sebaiknya dimakan dalam sehari.” jelasnya. 

Selama Ada Obat Diabetes, Penderita Bebas Makan Apa pun = Mitos
Menggunakan insulin berarti Anda belajar bagaimana menyesuaikan jumlah dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Namun, sudah menggunakan insulin bukan berarti Anda bebas dan makan sebanyak yang Anda inginkan, ya! Karena hal itu justru dapat memperburuk kondisi Anda. 

Terlalu Banyak Aturan dalam Diet Diabetes = Mitos =Mitos

Panduan diet bagi penderita diabetes sebenarnya sangat sederhana. Anda cukup menjaga kadar gula darah senormal mungkin. Memang, diperlukan penyesuaian dengan apa yang Anda makan, tetapi bukan berarti Anda tak boleh makan enak sama sekali, lo! Karena aturan yang berubah pun tidak terlalu banyak. 

Katering adalah Pilihan Terbaik bagi Penderita Diabetes = Mitos

Masak sendiri atau memanfaatkan katering akan sama saja sehatnya jika batasan kalorinya diatur. Jika Anda memilih untuk makan makanan katering, tetapi kalori pada katering itu terlalu tinggi, maka lebih baik Anda masak sendiri. Kalau ragu terhadap jumlah kalori yang cocok untuk Anda, coba tanyakan kepada dokter atau ahli gizi. 

Tidak Boleh Makan Makanan Pencuci Mulut Sama Sekali = Mitos

Anda tetap dapat makan dessert, asalkan mengatur porsinya. “Anda bisa berbagai dessert dengan teman untuk mengurangi porsinya dan pertimbangkan untuk menggunakan pemanis rendah kalori.” tutur dr. Anwar. Akan lebih baik memang makanan pencuci mulut yang Anda santap berupa buah, kismis, atau yoghurt ketimbang es krim atau tart


Itu dia mitos tentang diet penderita diabetes. Intinya, karbohidrat dan gula itu bukannya sama sekali dihindari, melainkan hanya diatur porsi dan kalorinya. Menghindari gula sama sekali justru dapat membuat penderita diabetes mengalami hipoglikemia dan itu juga dapat membahayakan kondisinya.
thumbnail Title : Ini Mitos tentang Diet Penderita Diabetes
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-05-02T18:03:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.03