Faktor-faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan


Faktor-faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan - Udara di kota-kota yang penduduknya berjejal-jejal dan banyak pabrik-pabrik banyak bercampur dengan bermacam-macam gasdan debu. Sebenarnya debu-debu itu  selalu ada dalam udara, walaupun dalam jumlah yang amat sedikit.

Faktor-faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan

Jalan pernafasan diperlengkapi dengan alat-alat untuk menyaring debu-debu. Pada umumnya hal ini amat memuaskan, tetapi penghisapan debu-debu yang tertentu misalnya silikat dan asbes (banyak terdapat dalam pertambangan-pertambangan), dapat menimbulkan gangguan saluran pernafasan dan lebih lanjut terhada kesehatan. Untuk ini maka industri dan pabrik-pabrik mengadakan peraturan-peraturan dan penjagaanpenjagaan untuk mengurangi kemungkinan itu.

Pencemaran lingkungan udara, air, dan tanah disebabkan oleh berbagai faktor berikut:
  1. Pencemaran udara karena banyak mengandung CO2 (karbondioksida) yang banyak dihasilkan dari pembakaran BBM seperti: minyak tanah, solar, bensin dari kendaraan bermotor atau mesin-mesin industri. Karbondioksida yang terlarut dalam air hujan kemudian membentuk asam karbonat (H2CO3). Selain itu, pembakaran juga menghasilkan belerang dioksida (SO2) dan nitrogen oksida (NO2) ke udara.
  2. Pencemaran timbal (plumbom) dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan anak terutama balita (bawah lima tahun). Pencemaran timbal dapat terjadi melalui udara kemudian terhirup lewat saluran pernafasan, misalnya asap kendaraan bermotor dan pabrik.
  3. Pengunaan air raksa (Hg) termasuk dalam kategori logam berat bersifat karsinogen (menyebabkan kanker) seperti kasus; Minamata (Jepang), Busang (sulawesi utara).
  4. Gas karbon monooksida (CO) karena pembakaran yang tidak sempurna bersifat racun bagi pernafasan.
  5. Pencemaran tanah oleh sampah plastik.
  6. Pestisida yang berlebihan dan tidak terkontrol mematikan organisme, tanah terakumulasi pada tanaman dan dimakan manusia. Buah-buahan, Antibiotika pada makanan ternak, daging, dan telur.
thumbnail Title : Faktor-faktor Penyebab Pencemaran Lingkungan
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-05-03T14:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 14.01