Sifat dan Mekanisme Pengendalian Enzim


Sifat dan Mekanisme Pengendalian Enzim - Telah dikemukakan bahwa sebuah sel hidup mempunyai ribuan enzim yang berbeda-beda. Masing-masing enzim merupakan katalis yang efektif bagi satu atau lebih reaksi kimiawi. Namun kesemuanya bekerja serntak dengan serasi (terkoordinasi) sehingga semua kegiatan kimiawi dalam sel hidup menjadi saling terpadu. Salah satu akibatnya yang jelas ialah bahwa sel hidup mensintesis dan menguraikan bahan-bahan yang dibutuhkan bagi metabolisme dan pertumbuhan yang normal. Kesemuanya ini mensyaratkan adanya mekanisme pengendalian metabolisme selulaer yang tepat. Sesungguhnyalah,, semua lintasan metabolik utama memang mempunyai kapasitas pengendalian diri.

Pengendalian metabolisme seluler pada akhirnya menyangkut pengendalian kegiatan enzim. Dalam suatu sel mikroba seperti bakteri, adanya mekanisme pengaturan seluler terlebih lagi penting artinya karena tidak terdapat pengendalian supraseluler seperti pengendalian melalui saraf dan hormonal, sebagaimana dijumpai di dalam sel-sel jaringan organisme tingkat yang lebih tinggi.

Aktivitas enzim dapat diatur melalui dua cara: (1) pengendalian aktivitas katalisis secara langsung dan (2) penegndalian genetik. Pengendalian langsung kegiatan enzim dpat berupa pengendalian melalui penggandengan mekanisme katalitik dengan proses-proses lain. Pengendalian genetik mencankup fenomena induksi dan represi enzim.
thumbnail Title : Sifat dan Mekanisme Pengendalian Enzim
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-01-11T22:30:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.30