Pengertian Mikrosirkulasi Pada Katak


Pengertian Mikrosirkulasi Pada Katak - Mikrosirkulasi merupakan tempat terjadinya kontak dan pertukaran zat zantara darah dan jaringan tubuh. Tempat terjadinya pertukran tersebut persisinya pada kapiler yang merupakan pembuluh darah sangat halus dan hanya dapat diamati pada jaringan yang sangat tipis dan tembus cahaya.

Ekor Kecebong

Mikrosirkulasi dari setiap organ diatur secara khusus untuk melayani organ kebutuhan. Secara umum, masing-masing nutrisi organ arteri cabang memasuki enam hingga delapan kali sebelum arteri menjadi cukup kecil untuk disebut arteriola, yang umumnya memiliki diameter internal hanya 10-15 mikrometer, lalu arteriola sendiri bercabang dua sampai lima kali, mencapai diameter 5-9 mikrometer. Pada tujuan dimana keduanya menyuplai darah ke kapiler. Arteriola sangat berotot, dan garis tengahnya dapat mengubah Manyfold. Metartioles (arteriola terminal) tidak memiliki mantel otot yang terus menerus, namun mengelilingi serat otot polos pembuluh darah di intermiten poin.

Lidah dan selaput renang katak merupakan bagian yang sangat cocok untuk tempat pengamatan. Di bagian ini aliran darah melalui kapiler dan perubahannya karena pengaruh eksperimental mudah diamati dengan mikroskop cahaya. Jaringan lain pada katak yang juga dapat digunakan sebagai tempat pengamatan adalah penggantung usus (mesenteron) dan kandung kencing.

Secara umum arteri dikontrol oleh banyak mekanisme daripada kapiler. Diameter arteriole dipengaruhi oleh saraf, zat kimia, hormon. Kapiler diregulasi terutama oleh faktor-faktor jaringan lokal seperti konsentrasi O2, CO2 dan pH. Metabolisme lokal menyebabkan membuka dan menutupnya sfingter kapiler. Kecepatan aliran darah dalam kapiler dipengaruhi oleh perubahan diameter arteri dan arteriole. Penyempitan pada arteriole menyebabkan lambatnya aliran darah di dalam kapiler. Arteriole juga dapat merespon rangsangan langsung yang mengenainya yang akan tampak pada perubahan diameternya.

thumbnail Title : Pengertian Mikrosirkulasi Pada Katak
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-01-02T21:49:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.49