Kelenjar Endokrin


Kelenjar Endokrin - Kelenjar endokrin merupakan salah satu sistem dalam tubuh. Kelenjar Endokrin adalah kelenjar yang tidak mempunyai saluran khusus sehingga sekrit langsung bermuara ke dalam pembuluh darah (disebut kelenjar buntu).

Sistem Endokrin Pada Manusia

Kelenjar endokrin antara lain: kelenjar hipofisa dan hipotalamus, kelenjar pineal (badan pineal), kelenjar tiroid, Kelenjar piratiroid, Kelenjar Adrenal, Kelenjar Pankreas, dan Kelenjar Gonad (Ovarium dan testis).

Struktur Kelenjar Endokrin

  • Hipofisis dan Hipotalamus: berbobot sekitar 0,5 g dan ukuran normalnya pada manusia sekitar 10x13x6 mm. Ia terletak dalam rongga tulang pada dasar bawah otak di bawah hipotalamus, dimana ia mempunyai hubungan anatomi dan fungsional yang penting dan disebut gland of master.
  • Neurohipofisis:terdiri atas pars nervosa atau lobus neuralis dan infundibulum. yang terakhir menghubungakan kelenjar dengan hipotalamus. Neurohipofisis terdiri atas akson tak bermielin dari sel-sel saraf sekresi. serabut-serabut neuron sekresi mengumpul membentuk truktus hipotalamus-hipofisialis.
  • Kelenjar Adrenal: sepasang organ yang terletak dekat kutup anterior ginjal yang terbenam dalam lemak. kelenjar ini berbentuk pipih bulan sabit. Pada manusia, kelenjar adrenal mempunyai panjang sekitar 4-6 cm, lebar 1-2 cm, dan tebal 4-6 mm, dan berat seluruhnya sekitar 15 g, tetapi ukuran dan berat kelenjar ini sangat tergantung pada usia dan keadaan fisiologis individu.
  • Pulau-pulau Langerhans (pankreas) : bagian endokrin pankreas dan tampak sebagai kelomopokan sel-sel yang berbentuk bulat yang terbenam dalam jaringan esokrin pankreas. sel-sel pankreas menghasilkan hormon insulin dan glukagon serta mengsekresikan gastrin suatu hormon yang berpengaruh pada pengeluaran asam oleh sel-se parietal dalam fundus lambung.
  • Tiroid: dalam perkembangannya tiroid berasal dari lapisan endoderm saluran pencernaan. fungsinya mensintetis hormon-hormon tiroksin dan tirokalsitonin, yang merangsang laju metabolisme.
  • Kelenjar Paratiroid: merupakan 3 kelenjar kecil atau lebih (Sering 4) yang terletak di belakang kelenjar tiroid satu pada setiap kuub atas dan bawah, biasanya dalam kapsula yang meliputi lobud tiroid, dan kadang-kadang ditemukan tertanam dalam kelenjar tiroid.
  • Badan Pineal: Badan pineal juga dikenal sebagai epifisis atau kelenjar pineal. bentuknya gepeng dengan ukuran panjang kira-kira 5-8 mm dan lebar maksimal 3-5 mm dan berat sekitar 120 mg. ia ditemukan pada ekstremitas posterior ventrikel ke tiga, di atas atap diensefalon, dimana dihubungkan dengan tangkai yang pendek.
  • Testis: Sel-sel interstial testis, yang mencankup sel leydig dan unsur jaringan ikat lainnya bersama pembuluh darah, terdapat pada jaringan diantara tubulus seminiferus.
thumbnail Title : Kelenjar Endokrin
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-05-16T19:20:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.20