Mengenal Apa Itu Hipertensi dan Upaya Pencegahannya


Pernah nggak kalian mengukur tekanan darah kalian? Kalau pernah berapa angka yang terlihat di tensimeter? Nah angka yang ditunjukkan oleh tensimeter, menunjukkan tekanan darah kalian. Pengukuran tensi atau tekanan darah dengan alat tensimeter harus akurat. Pasalnya, hasil pengukuran tensi digunakan untuk menentukan pengobatan atau penanganan medis lainnya. Salah satu penyakit yang bisa didiagnosa hanya dengan melihat tensimeter adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk itu yuk kita mengenal apa itu hipertensi.

Pengertian Hipertensi
Mengenal Apa Itu Hipertensi
Mengenal Apa Itu Hipertensi
Pengertian hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHg merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau saat berkontraksi. Sementara itu, angka 90 mmHg mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung beristirahat atau dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Penyakit ini cukup banyak ditemui dan menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang Indonesia bahkan di dunia, dan biasanya tidak ada gejala-gejala apa pun yang dialami oleh penderita. Makanya hipertensi sering disebut dengan “pembunuh diam-diam” karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang. Namun, penyakit ini mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, dan  gagal ginjal.

Gejala Hipertensi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi sering kali tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa orang dengan tekanan darah yang sangat tinggi dapat muncul gejala berupa:
  • Sakit kepala
  • Mimisan
  • Nyeri dada atau sesak napas
Meski demikian, gejala hipertensi ini tidak spesifik dan baru muncul jika tekanan darah terlalu tinggi dan mengancam nyawa.

Penyebab Hipertensi
Ada dua klasifikasi atau jenis hipertensi berdasarkan penyebabnya. Hipertensi primer atau esensial umumnya terjadi karena faktor keturunan atau gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, terlalu banyak mengonsumsi natrium (garam), stes, malas bergerak, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan obesitas. Ada pula yang disebut dengan hipertensi sekunder. Penyebab hipertensi pada jenis ini, yaitu karena kondisi medis lain yang menyertainya. Beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan darah tinggi, yaitu sleep apnea, masalah pada ginjal, tumor pada kelenjar adrenal, masalah pada tiroid, atau diabetes.

Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan tidak baik yang menjadi pemicu tekanan darah tinggi naik yaitu:
  1. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam
  2. Kurang beraktivitas alias malas gerak
  3. Terlalu banyak makan dan makan camilan hingga kamu mengalami obesitas
  4. Tidak mampu mengendalikan stres
  5. Kebiasaan merokok, bahkan isapan pertamanya saja sudah bisa membuat tekanan darah naik drastis
  6. Kebiasaan minum minuman keras
  7. Kebiasaan minum obat sembarangan, terutama tanpa resep dokter

Upaya Pencegahan
Pengobatan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang utama adalah dengan modifikasi gaya hidup. Pola hidup sehat yang dapat diterapkan, di antaranya:
  • Mengurangi asupan garam
  • Olahraga teratur
  • Menurunkan berat badan
  • Berhenti merokok

Obat antihipertensi diberikan jika tidak ada perubahan setelah modifikasi gaya hidup. Ada banyak jenis obat antihipertensi yang terdiri dari golongan ACE-inhibitor, beta-blocker, thiazide, angiotensin II receptor blockers, calcium chanel blocker, dan sebagainya.

Disamping itu, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan alami yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi seperti, mentimun, bawang putih, kayu manis, kapulaga dll, yang sudah terbukti juga mampu untuk mengatasi penaykit hipertensi.

Hal yang tak kalah adalah rutin memonitor tekanan darah. Dengan menjaga gaya hidup sehat, rajin mengecek tekanan darah, dan konsultasi berkala dengan dokter, bukan tidak mungkin hipertensi dapat dikendalikan.

thumbnail Title : Mengenal Apa Itu Hipertensi dan Upaya Pencegahannya
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2020-07-10T23:04:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.04