Ekosistem Laut


Ekosistem Laut - Ekosistem laut atau disebut juga ekosistem bahari merupakan ekosistem yang terdapat di perairan laur, terdiri atas ekosistem perairan dalam, ekosistem pantai pasir dangkal/bitarol, dan ekosistem pasang surut. Lautan, seperti juga danau, dapat digambarkan dalam istilah zone, dan banyak persamaan di antara keduanya (tapi sayangnya. ada pemisahan istilah yang digunakan untuk masing-masing). Pinggiran lautan disebut zona intertidal. Daerah ini terdiri atas, pasir pantai, karang, muara, dan di daerah tropik dan subtropik, ada rawa mangrove, ada rawa mangrove dan gosong karang. Beberapa dari habitat ini, misalnya rawa pantai adalah sangat produktif, didukung kekayaan dan keanekaragaman populasi dari produsen dan konsumen. Banyak dari organisme di zona intertidal telah beradaptasi sehingga mereka dapat bertahan terhadap tenaga gelombang dan keterbukaan prodik terhadap udara.

Lautan yang relatif dangkal yang meluas ke pinggiran selat benua dinamakan Zona Neritik. Zona Oseanik terdapat di atas lembah lautan. Prodktivitas primer di zona neritik dan zona oseanik bergantung pada algae planktonik yang hidup sejauh cahaya matahari dapat sampai. Aktivitas ini menunjang zooplankton yang pada gilirannya menunjang konsumen sekunder dan konsumen yang lebih tinggi (umpamanya ikan) dalam nekton. Meskipun kehidupan beragam, produktivitas bersih dari lautan terbuka ini agak lebih baik daripada yang terdapat di padang pasir.

Dasar lembah lautan ialah daratan abisal. Daerah gelap yang relatif tidak beragam ini banyak dihuni oleh populasi tipis konsumen bentik dan yang bergantung pada bahan organik yang mengalir dari bagian atas laut. Akan tetapi eksplorasi baru-baru ini di laut dalam menyingkapkan bahwa ada komunitas yang kompleks terdapat di sekitar celah-celah. Celah-celah ini menimbulkan retak-retak di dasar laut. Meskipun tidak ada cahaya yang sampai sejauh itu, produktivitas primer energi yang dijamin oleh oksidasi belerang dalam air yang mengalir keluar dari retak-retak dasar laut. Bakteri ini menunjang populasi hewan yang besar. Di antara yang paling menonjol adalah cacing yang tidak mempunyai sistem pencernaan. Sementara cacing ini dapat menyerap beberapa molekul organik dari alam sekitarnya, mereka juga menyimpan sejumlah besar bakteri kemoautotrofik yang dapat menyediakan kalori bagi mereka.
thumbnail Title : Ekosistem Laut
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-15T12:02:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 12.02