Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia


Pagi hari sangat dinantikan setiap orang untuk mendapatkan vitamin D yaitu dari sinar matahari pagi. Siapa nih yang menantikan matahari pagi setiap hari? Secara pribadi, matahari pagi dianggap waktu yang tepat untuk kita terkena sinar atau cahaya matahari pagi, terutama orang yang kekurangan vitamin D. Selain itu, matahari pagi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita agar selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Mau tahu apa saja Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia? Yuk dibaca hingga tuntas ya.

manfaat matahari pagi
Manfaat Matahari Pagi

Tubuh manusia tidaklah bisa memproduksi vitamin D dengan sendirinya. Vitamin D bisa kita dapatkan dari makanan seperti kuning telur dan susu. Nah, jika kamu tidak menyukai keduanya maka alangkah lebih baiknya untuk terkena paparan matahari pagi yang menjadi solusi yang tepat dan praktis dilakukan untuk hidup yang sehat.

Kesehatan diri memang harus di jaga agar terhindar dari penyakit, virus. Apalagi sekarang lagi pandemi, selain pola makan yang sehat dan teratur, tubuh kita juga butuh terkena sinar matahari pagi sehingga badan agar tetap fit dan terlindungi dari virus, penyakit. Biasanya orang yang lagi sakit juga membutuhkan terkena sinar matahari agar yang lagi sakit bisa segera sehat dan kembali pulih. Untuk yang tidak sakit juga disarankan untuk terkena sinar matahari biar selalu sehat dan mendapatkan banyak manfaat untuk tubuh.

Selain baik untuk kesehatan dan imunitas tubuh, berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk kulit wajah dan wajah yang berjerawat loh. Serta manfaat berjemur di pagi hari juga dapat membunuh mikroba, oleh karena itu banyak ahli kesehatan menyarankan untuk membuat rumah yang memudahkan sinar matahari pagi masuk.

Berjemur pada saat pagi hari bisa dilakukan untuk semua umur, baik orang tua, dewasa, remaja maupun anak-anak. Apalagi masih bayi, sangat baik untuk kesehatannya. Mudah saja untuk mengajak anak agar terkena sinar matahari pagi, kamu bisa mengajaknya bermain di luar sambil berolahraga sehingga tubuh anak akan terkena paparan sinar matahari yang cukup.

Adapun manfaat matahari pagi bagi tubuh kita ialah sebagai berikut :

1. Kebutuhan Vitamin D Tercukupi

Manfaat berjemur sinar matahari pagi yang ialah untuk mendapatkan vitamin D agar tercukupi. Nah, dengan berjemur juga dapat meningkatkan kesehatan tulang. Seperti yang kita b ketahui kalau vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat menguatkan tulang.

Tidak hanya itu, vitamin D3 juga ternyata memiliki peran penting untuk kepadatan tulang. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan vitamin D ketika sinar matahari mengenai kulit. Sinar matahari pagi juga bisa menjadi asupan Vitamin D gratis. Ketika sinar ultraviolet melalui proses penyaringan di kulit, sinar tersebut akan mengubah kolesterol yang berada di bawah lapisan kulit menjadi Vitamin D.

Kamu bisa berjemur di pagi hari selama kurang 5 menit, maka kamu akan mendapatkan vitamin D secara gratis. Yuk ajak anak kamu untuk berjemur juga. 

2. Memelihara Kondisi Kulit

Siapa yang tidak ingin kulitnya sehat dan bagus? Pasti semua orang ingin sekali memiliki kulit yang bagus dan sehat. Apalagi yang lagi memiliki masalah kulit, sangat baik untuk berjemur di pagi hari agar terkena sinar matahari. Karena sinar ultraviolet pada cahaya matahari mampu mengobati eksim, penyakit kuning, dan jerawat. Makanya sangat baik untuk bayi atau anak-anak berjemur di pagi hari agar terhindar dari risiko penyakit kuning.

Untuk berjemurnya tidak perlu lama ya, karena bisa menyebabkan resiko kanker. 


3. Membantu Menghilangkan Depresi Yang Ringan

Manfaat berjemur sinar matahari pagi selanjutnya dapat bantu hilangkan depresi ringan. Kekurangan sinar matahari akan dapat menyebabkan gangguan yang disebut Seasonal Affective Disorder atau SAD.

Yang mana SAD merupakan depresi umum yang terjadi dan sering dirasakan pada saat berada di musim dingin. Apalagi kondisi begini bisa terjadi pada orang yang selalu berada di kantor karena banyaknya pekerjaan. Jadi untuk menghilangkan depresi ringan bisa dilakukan nih berjemur di bawah sinar matahari pagi. 

4. Tingkatkan Kualitas Tidur

Sulit tidur menjadi masalah sebagian orang tapi sedikit yang menyadari untuk meningkatkan kualitas tidur bisa dengan berjemur kena sinar matahari pagi.

Hal tersebut dikarenakan pada saat sinar matahari mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur) ditutup sampai matahari terbenam lagi. Makanya sering sekali kita terkena matahari bawaannya mengantuk. Hehehe

5. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat berjemur pada sinar matahari pagi juga dapat membantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi kondisi pandemi sekarang ini, sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari pagi akan dapat menekan sistem imun yang terlalu aktif, termasuk penjelasan mengapa sinar matahari dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis.


Nah, itu manfaat matahari pagi bagi tubuh kita yang bisa kita lakukan di rumah bersama keluarga. Kalau sudah terkena matahari dan terasa bajunya bau bisa dicuci dengan Rinso Molto Deterjen Cair Pink dengan keharuman bunga mawar yang segar sehingga baju kita kembali harum kembali setelah di cuci.

thumbnail Title : Manfaat Matahari Pagi Bagi Manusia
Posted by : Budi
Published : 2020-07-01T23:25:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.25