Klasifikasi Aeromonas hydrophila


Klasifikasi Aeromonas hydrophila - Bakteri Aeromonas hydrophila merupakan bakteri patogen yang biasanya menyerang ikan-ikan yang hidup di air tawar, bahkan yang juga diternakkan. Penyakit akibat bakteri ini biasanya di asosiasikan dengan penyakit bakterial hemoragik septikemia pada ikan (dikenal sebagai aeromonad septicemia atau red pest ) yang mengalami stres karena berbagai sebab. Ikan dapat tertular penyakit inisetiap saat, walaupun biasanya sering terjadi pada saat musim panas dimana temperatur air meningkat dan ikan mengalami stress karena pergantian musim dari musiom panas ke mujsim dingin.

Bakteri Aeromonas hydrophila

Bakteri Aeromonas termasuk ke dalam famili Pseudomonadaceae dan terdiri dari tiga spesies utama, yaitu Aeromonas punctata,  dan Aeromonas liquiefacieus yang bersifat patogen. Bakteri Aeromonas umumnya hidup di air tawar, terutama yang mengandung bahan organik tinggi. Ciri utama bakteri aeromonas adalah bentuknya seperti batang, ukurannya 1–4,4 x 0,4–1 mikron, bersifat gram negatif, fakultatif aerobik (bias hidup dengan atau tanpa oksigen), tidak berspora, bersifat motil (bergerak aktif) karena mempunyai satu flagel (monotrichous flagella) yang keluar dari salah satu kutubnya, senang hidup di lingkungan bersuhu 15-30ÂșC dan pH 5,5–9.

Ikan yang diserang bakteri A. hydrophila

Aeromonas sp. bersifat gram negatif, oksidasi positif dan katalase positif (Krieg dan Holt, 1984). Bakteri ini juga mampu memfermentasikan beberapa gula seperti glukosa, fruktosa, maltosa, dan trehalosa. Hasil fermentasi dapat berupa senyawa asam atau senyawa asam dengan gas. Pada nutrient agar, setelah 24 jam dapat diamati koloni bakteri dengan diameter 1-3 mm yang berbentuk cembung, halus dan terang (Isohood dan Drake, 2002). 

Bakteri A. hydrophila menyerang hampir semua ikan air tawar dan ikan  kakap putih yang dipelihara di tambak dengan salinitas rendah. Serangan  bakteri ini baru terlihat apabila ketahanan tubuh ikan menurun akibat stress  yang disebabkan oleh penurunan kualitas air, kekurangan pakan, atau  penanganan ikan yang kurang baik


Klasifikasi Aeromonas hydrophila menurut Holt et al. (1998) adalah 
sebagai berikut :
Phylum : Protophyta
Classis : Schizomycetes
Ordo : Pseudanonadeles
Family : Vibrionaceae
Genus : Aeromonas
Species : Aeromonas hydrophila



thumbnail Title : Klasifikasi Aeromonas hydrophila
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-09T20:51:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.51