Pengertian Moluska


Pengertian Moluska - Moluska merupakan salah satu penyusun ekosistem laut yang mempunyai keanekaragaman spesies tinggi dan menyebar luas di berbagai habitat laut. Moluska dapat dijumpai mulai dari daerah pinggiran pantai hingga laut dalam, banyak menempati daerah terumbu karang, sebagian membenamkan diri dalam sedimen, beberapa dapat dijumpai menempel pada tumbuhan laut. Dalam Cappenberg dkk. (2006) disebutkan bahwa moluska dapat hidup pada berbagai substrat, baik substrat berpasir, berbatu dan berlumpur. Selain itu, moluska juga memiliki daya adaptasi tinggi terhadap tempat dan cuaca. Gastropoda merupakan salah satu moluska yang banyak ditemukan di berbagai substrat, hal ini diduga karena Gastropoda memiliki kemampuan adaptasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang lain baik di substrat yang keras maupun lunak (Turra and Denadai, 2006). 

Siput merupakan salah satu moluska

Moluska memiliki peranan penting bagi lingkungan perairan yaitu sebagai bioindikator kesehatan lingkungan dan kualitas perairan serta sumber makanan bagi hewan lain. Bagi manusia, moluska merupakan sumber makanan bergizi, sebagai obat, sebagai bahan dasar industri contohnya, cangkang Gastropoda dan Bivalvia dapat dipakai sebagai kancing baju (Dharma, 1988). Manfaat beberapa spesies moluska bagi manusia tersebut dirasakan dan telah dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal di sekitar pantai-pantai yang ada di Bali termasuk di sekitar pantai Serangan. 

Kawasan Serangan termasuk wilayah Kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Denpasar, Bali. Pantai  Serangan tidak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan konservasi penyu, namun juga terdapat beranekaragam spesies biota laut, akan tetapi penelitian mengenai biota laut di pantai Serangan belum banyak dilakukan meskipun manfaat beberapa biota laut tersebut sudah dirasakan. Salah satu penelitian tentang biota laut di pantai Serangan dilakukan oleh Arsana (2010) yaitu tentang struktur populasi kepiting, sedangkan penelitian mengenai keanekaragaman moluska belum banyak dilaporkan. Selain itu belum ada data ilmiah yang menjelaskan mengenai spesies–spesies moluska di Pantai Serangan padahal dengan adanya data keanekaragaman moluska tersebut bisa sebagai baseline data yang dapat digunakan sebagai informasi struktur komunitas moluska di pantai Serangan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian tentang keanekaragaman moluska di pantai Serangan ini dilakukan.
thumbnail Title : Pengertian Moluska
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2019-07-02T22:59:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.59