Klasifikasi Semut Jepang


Klasifikasi Semut Jepang - Pernah mendengar semut Jepang? Kalau pernah anda termasuk orang yang beruntung karena di negara-negara lain semut jepang begitu populer dalam pengobatan tradisional. Semut Jepang sebenarnya berasal dari istilah Inggris yaitu Japan Ants yang diartikan dalam bahasa indonesia dengan semut Jepang. Tetapi di Jepang sendiri disebut dengan Ari  yang secara harfiah mempunyai arti “serangga kesetiaan”. Semut jepang begitu populer karena keampuhannya mengobati berbagai penyakit. Namun dalam artikel ini tidak akan membahas tentang medis nya tetapi klasifikasi tentang semut jepang itu sendiri. 

Semut Jepang


Semut Jepang atau mealworm memiliki Bahasa Latin Tenebrio molitor merupakan spesies serangga khas Jepang, walaupun sebanarnya semut Jepang bukanlah kelompok semut, melainkan kumbang. Tahun 1970-an, semut jepang sudah dikenal di Indonesia dengan sebutan Bubuk Jawa dan di Malaysia hewan ini dikenal sebagai Kumbang Mekkah.

Di negara Jepang diketahui lebih dari 200 spesies semut jepang. Diantaranya yaitu spesies semut jepang, seperti: Lasius spathepus, Camponotus nipponicus, Polyrhachis latona, Crematogaster vagula, Ponera swezeyi, Aphaenogaster frontosa,Cryptopone sauteri, Ponera scabra, Aphaenogaster ruida, Aphaenogaster vapida.

Ada juga spesies Solenopsis japonica,Ochetellus glaver, Technomyrmex gibbosus, Lasius umbratus, Amblyopone silvestrii, Lasius talpa, Vollenhovia emeryi, Pyramica leptothrix, Polyergus samurai, Camponotus devestitus,  Stenamma owstoni, Monomorium triviale,, Ponera japonica, Pachycondyla pilosior,Pheidole bugi.

Semut Jepang sendiri tergolong dalam Spessies Tenebrio Molitor yang merupakan satu marga dengan Polyergus samurai. Dari pencarian info di beberapa sumber, ada yang mengatakan bahwa Semut Jepang adalah nama lain dari Ulat Hongkong dan Kutu Beras, yang  ternyata setelah di lakukan penelitian dan perbandinagan antara Semut Jepang, Ulat Hongkong dan Kutu Beras memang mempunyai karakteristik bentuk tubuh yang hampir sama tapi pada dasarnya 3 nama ini adalah serangga yang berbeda. Jadi sangat tidak benar jika dikatakan Semut Jepang itu sama dengan Ulat Hongkong dan Kutu Beras (Lihat Gambar disamping). 

Adapun perbedaan yang dapat dilihat yaitu pada ukuran tubuh, cara bergeraknya, corak garis disayapnya. Jika dibndingkan dengan Kutu Beras, ukuran dan warna tubuhnya hampir sama namun kutu beras ukuran tubuhnya lebih sedikit besar dan memiliki moncong, sedangkan Semut Jepang tidak memiliki moncong. Jika Kutu Beras memiliki bau yang tidak sedap, beda halnya dengan Semut Jepang yang sama sekali tidak berbau. Jika dibandingkan dengan Ulat Hongkong bentuk tubuh Semut Jepang lebih kecil, tidak mampu terbang, garis disayap sangat lembut, tidak nampak secara visual, serta yang lain semut jepang tidak lebih keras dari ulat hongkong, semut jepang lebih rapuh dan lunak, untuk itu anda tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi semut jepang, karena akan hancur dan lumat dengan sendirinya oleh asam lambung yang diproduksi secara almiah oleh lambung kita.

Klasifikasi Semut Jepang
Kingdom         : Animalia
Phylum            : Arthropod
Class               : Insecta
Order              : Coleoptera
Family             : Tenebrionidae
Genus              : Tenebrio
Species            : Tenebrio molitor
thumbnail Title : Klasifikasi Semut Jepang
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-07-25T23:03:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.03