Klasifikasi Enau (Arenga pinnata)


Klasifikasi Enau (Arenga pinnata) - Enau atau yang biasa dikenal dengan Aren (Pohon Aren) merupakan tumbuhan jenis pulma, dan juga salah satu tumbuhan asli khas Indonesia. Aren lazim tumbuh di kawasan hutan sekunder dan di sekitar permukiman.
Aren

Aren merupakan palma dengan ukuran sedang, batang dapat mencapai tinggi 10-20 m dan berdiameter 30-65 cm. Batang tertutup oleh pangkal pelepah dan serabut hitam yang disebut ijuk. Mahkota terdiri atas 12-20 (kadang-kadang sampai 28) pelepah daun dengan panjang 6-10 m (kadang-kadang sampai 12 m), terdiri atas anak daun yang tersusun menyirip, panjang tangkai pelepah 1-1,5 m (bisa sampai 2,3 m), jumlah anak daun 80-130 (bisa sampai 155, ukuran anak daun 140-180 cm x 8-11 cm, licin pada permukaan atas, kasar pada permukaan bawah. Bunga uniseksual, berupa malai besar yang terdiri atas banyak bulir menggantung dengan panjang sampai 2 m,  terbentuk mulai dari pucuk kemudian ke arah bawah dari ketiak daun. Malai bunga jantan 3-7, terbentuk di bagian atas, malai bunga betina 7-15, tumbuh kemudian di bagian lebih bawah. Bunga terdiri atas 3 kelopak tebal dan tiga mahkota berlekuk, pangkal berbentuk tabung. Bunga jantan berjumlah sampai 11.500 per malai, berwarna hijau ketika belum mekar, kekuning-kuningan setelah mekar. Bunga betina  berjumlah sampau 15,000 per malai, dengan ovarium beruang tiga. Buah merupakan buah drupe berbentuk bulat atau agak bulat telur, panjang 5-8 cm, berdaging, berbiji 2-3, mula-mula berwarna hijau dan kemudian menjadi kuning dan hitam setelah masak dan jatuh.

Buah Enau (Buah Aren)


Pohon enau menghasilkan banyak hal, yang menjadikannya populer sebagai tanaman yang serbaguna, terutama sebagai penghasil gula. Buah aren (dinamai beluluk, caruluk dan lain-lain) memiliki 2 atau 3 butir inti biji (endosperma) yang berwarna putih tersalut batok tipis yang keras. Buah yang muda intinya masih lunak dan agak bening. Buah muda dibakar atau direbus untuk mengeluarkan intinya, dan kemudian inti-inti biji itu direndam dalam air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun.Kolang-kaling disukai sebagai campuran es, manisan atau dimasak sebagai kolak. Teristimewa sebagai hidangan berbuka puasa di bulan Ramadhan.Daun dapat diambil lidinya untuk dijadikan sapu lidi. Di Bali, daun aren yang sudah tua maupun yang masih muda merupakan bahan penting dalam upacara keagamaan.

Klasifikasi Enau (Arenga pinnata)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Arecidae
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae (suku pinang-pinangan)
Genus: Arenga
Spesies: Arenga pinnata Merr
thumbnail Title : Klasifikasi Enau (Arenga pinnata)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-08-03T07:11:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 07.11