Teori Hanyutan Gen dan Aliran Gen


Teori Hanyutan Gen dan Aliran Gen - Penyimpangan dari kondisi kesetimbangan Hardy-Weinberg dapat menyebabkan perubahan dalam gene pool. Tiga penyebab utama perubahan tsb yaitu: hanyutan gen, aliran gen dan seleksi alam. Dari ketiga hal ini, hanya seleksi alam yang menyebabkan evolusi adaptif.

Gen

Hanyutan gen (genetic drift) yaitu perubahan dalam gene pool di dalam populasi yang disebabkan oleh ’peluang’. Semakin kecil populasi (jumlah anggota sedikit) semakin besar peluang populasi tsb mengalami hanyutan gen. Frekuensi alel di dalam populasi lebih stabil dari satu generasi ke generasi berikutnya, jika populasi tsb besar (jumlah anggota banyak). Dengan berjalannya waktu hanyutan gen menyebabkan penurunan variasi genetik.

Aliran gen; suatu populasi akan kehilangan alel maupun mendapat alel baru jika individu fertil masuk atau ke luar populasi atau pada saat gamet (serbuk sari tumbuhan) bertukar antar populasi. Aliran gen cenderung menurunkan perbedaan di antara populasipopulasi. Sebagai contoh: sekarang ini, manusia bergerak dengan mudah ke belahan bumi manapun, hal ini aliran gen merupakan agen penting dalam perubahan secara evolusi.

Seleksi alam; individu dengan karakter yang mampu beradaptasi baik dengan lingkungan akan mempunyai kesuksesan reproduksi bertinggi. Dalam kondisi kesetimbangan Hardy-Weinberg, seleksi alam tidak berlaku, hal ini berarti semua individu di dalam populasi ’sama’ di dalam kemampuan bereproduksi. Kondisi seperti ini tidak mungkin kita temui di alam. Jika kita kembali ke contoh penjelasan dominan-resesif pada burung bubi, maka kita dapat membayangkan bahwa populasi burung bubi dengan selaput renang di kakinya akan bertahan dan menghasilkan keturunan lebih banyak. Mengapa ? Burung bubi dengan selaput renang akan lebih efisien dalam berenang dan mencari makan.

thumbnail Title : Teori Hanyutan Gen dan Aliran Gen
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2017-06-26T05:47:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 05.47