Pengertian Molekul dan Jenis-jenisnya


Pengertian Molekul dan Jenis-jenisnya - Umumnya, partikel unsur logam berbentuk atom. Logam besi terdiri atas atom-atom besi. Logam tembaga terdiri atas atom-atom tembaga. Begitu juga dengan emas. Lalu, berbentuk apakah partikel-partikel senyawa? Partikelpartikel senyawa terdiri atas molekul-molekul senyawa itu. Molekul senyawa adalah partikel terkecil dari suatu senyawa yang masih memiliki sifat yang sama dengan senyawa itu. Molekul senyawa dapat dibentuk dari penggabungan atom unsur-unsur yang sama (molekul unsur) ataupun atom unsur-unsur yang berbeda (molekul senyawa).

Molekul


1. Molekul Unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom-atom unsur yang sama atau sejenis. Sebagai contoh, gas O2 (oksigen) yang ada di udara adalah unsur yang partikelnya berupa molekul. Molekul oksigen dibentuk oleh dua atom oksigen.

Molekul yang terbentuk dari dua atom disebut molekul dwiatom, misalnya Nitrogen (N2). Sedangkan, atom yang terbentuk dari tiga atom atau lebih disebut molekul poliatomik. Sebagai contoh, molekul yang dibentuk oleh tiga atom disebut molekul triatom, misalnya Ozon (O3). Molekul yang terdiri atas empat atom disebut molekul tetraatom, misalnya posfor (P4).

2. Molekul Senyawa
Molekul senyawa adalah molekul yang terbentuk dari hasil penggabungan atom unsur-unsur yang berbeda. Contoh molekul senyawa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah air (H2O). H2O merupakan hasil penggabungan dua atom H dan satu atom O.
thumbnail Title : Pengertian Molekul dan Jenis-jenisnya
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-08-22T22:01:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.01