Klasifikasi Melon (Cucumis melo)


Klasifikasi Melon (Cucumis melo) - Melon merupakan tanaman yang memiliki buah yang juga dinamakan buah melon. Buah melon merupakan buah populer di Indonesia. Melon termasuk suku labu-labuan cucurbitaceae sekerabat dengan tanaman labu-labuan. Buahnya enak jika dijadikan campuran es buah karena memiliki rasa yang khas pada buahnya. 


Buah melon

Melon berasal dari lembah panas Persia atau daerah mediterania, perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Melon yang termasuk famili cucurbitaceae ini banyak ditemukan di Timur Tengah dan Eropa. Baru kemudian pada abad ke-14, dibawa oleh Columbus ke Amerika dan banyak dibudidayakan di Colorado, California, dan Texas. Sejak saat itu, melon terus menyebar ke seluruh dunia, hingga akhirnya masuk pula ke Indonesia. Sehingga saat ini kita pun bisa menikmati buah yang memiliki aroma dan rasa manis yang khas itu.

Varietas melon yang umum di pasaran diantaranya sky rocket, action, monami red, glamour, select rocket, jade dew, honey dew, autumn sweet, golden prize, red queen, dan emerald sweet. Melon lebih senang tumbuh di dataran menengah yang suhunya agak dingin, yakni pada ketinggian 300-1.000 m dpl. Di dataran rendah yang ketinggiannya kurang dari 300 m dpl, buah melon berukuran lebih kecil dan dagingnya agak kering (kurang berair). Tanah yang baik untuk budidaya melon adalah jenis tanah andosol atau tanah liat berpasir yang banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman berkembang. Pertumbuhan melon membutuhkan suhu yang sejuk dan kering. Suhu ideal bagi pertumbuhan melon berkisar 25-30° C. Melon tidak dapat tumbuh jika suhu kurang dari 18°C. Melon susah tumbuh di tempat yang kelembapan udara rendah (kering) dan ternaungi. Tanaman ini lebih senang di daerah terbuka, tetapi sinar matahari tidak terlalu terik, cukup dengan penyinaran 70%.

Klasifikasi Melon (Cucumis melo)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
Genus: Cucumis
Spesies: Cucumis melo var. reticulatus
thumbnail Title : Klasifikasi Melon (Cucumis melo)
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-04-18T10:21:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.21