Klasifikasi Kacang Hijau


Klasifikasi Kacang Hijau - Kacang hijau merupakan tanaman polong-polongan yabg tersebar didaerah tropis. Memiliki nama latin Vigna radiata yang bijinya termasuk memiliki kandungan protein sangat tinggi, bijinya biasanya dimasak sebagai campuran sayur atau dijadikan bubur yang dicampur dengan gula merah.  Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Biji kacang hijau

Tumbuhan Kacang Hijau


Tanaman kacang hijau ini diduga berasal dari India. Di awal abad ke-17, kacang hijau mulai menyebar ke berbagai negara Asia tropis termasuk Indonesia. Panen kacang hijau dilakukan beberapa kali dan berakhir pada hari ke-80 setelah tanam. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Kacang hijau juga sangat mudah berkecambah, kecambah kacang hijau biasa kita kenal dengan tauge. Kacang hijau dalam bentuk kecambah mengandung enzim-enzim aktif salah satunya amylase yang membantu dalam metabolisme karbohidrat. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kacang Hijau
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang. Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menjadikan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau. Lemak kacang hijau tersusun atas 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh. Umumnya kacang-kacangan memang mengandung lemak tak jenuh tinggi. Asupan lemak tak jenuh tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Klasifikasi Kacang Hijau (Vigna radiata)
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Kelas : magnoliophyta
Ordo : Rosales
Famili : leguminasae
Genus : vigna
Spesies : Vigna radiata L
thumbnail Title : Klasifikasi Kacang Hijau
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-04-18T17:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 17.00