Klasifikasi Rumput Gajah


Klasifikasi Rumput Gajah - Rumput gajah merupakan jenis tumbuhan yang hidup liar dan tumbuh di sembarangan tempat. Jenis tumbuhan ini berasal dari Afrika bagian tropik. Rumput ini memiliki nutrisi yang tinggi, yang sangat bermanfaat bagi hewan pemamah biak. 

Rumput Gajah


Rumput gajah secara umum merupakan tanaman tahunan yang berdiri tegak,  berakar dalam, dan tinggi dengan rimpang yang pendek. Tinggi batang dapat  mencapai 2-4 meter (bahkan mencapai 6-7 meter), dengan diameter batang dapat  mencapai lebih dari 3 cm dan terdiri sampai 20 ruas / buku. Rumput benggala  berasal dari Afrika tropik dan subtropik. Rumput berdaun lebat, tinggi bervariasi  menurut varietasnya, parenial, berkembang dengan potongan-potongan bulu akar  dan tunas atau rhizoma (Reksohadiprodjo, 1985).

Pennisetum purpureum disebut juga Rumput Gajah (Indonesia). Rumput ini berasal dari Afrika daerah tropik, perennial dan dapat tumbuh setinggi 3-4,5 m. Berkembang dengan rhizoma yang panjangnya dapat mencapai 1 m. Panjang daun 16–90 cm dan lebar daun 8–35 mm. Kultur teknis rumput ini adalah bahan tanam berupa pols dan stek, interval pemotongan 40-60 hari, responsif terhadap pupuk nitrogen.

Masa panen rumput gajah bagusnya yaitu pada hari ke-50, pada masa ini rumput gajah belum tua dan berbunga dan tidak terlalu muda. dan rumput yang bagus untuk pakan ternak juga rumput yang tidak terlalu muda dan tidak tua atau berbunga. Rumput gajah yang telah berbunga merupakan indikasi bagi ketua-an rumput ini.

Cara Memanen rumput gajah adalah dengan cara memotong batang nya dari bagian tanah, kira-kira dengan ketinggian 10-15 cm dari permukaan tanah. Kalau pemotongannya tinggi atau terlalu rendah, maka tunas yang tumbuh tidak akan banyak, maka pemotongan rumput gajah harus diperhatikan dengan jarak yang pas dari tanah.

KLASIFIKASI RUMPUT GAJAH
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas: Commelinidae
Ordo: Poales
Famili: Poaceae (suku rumput-rumputan)
Genus: Pennisetum

Spesies: Pennisetum purpureum Schumacher

thumbnail Title : Klasifikasi Rumput Gajah
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-05-09T13:31:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 13.31