Fungsi Leukoplas


Fungsi Leukoplas - Leukoplas adalah plastida yan tidak mengandung pigmen, dan biasanya terdapat di dalam jaringan yang tidak terkena sinar. Leukoplas banyak digunakan untuk menyimpan hasil metabolisme. Berdasarkan perannya sebagai penyimpan hasil metabolisme, ada beberapa macam leukoplas, yaitu amiloplas (leukoplas penyimpan tepung), Proteinoplas (leukoplas penyimpan protein), dan elaioplas (leukoplas penyimpan lemak). Tepung, fitoferitin (suatu senyawa protein zat besi), dan lemak disimpan dalam bentuk globula yang disebut plastoglobuli, sering terdapat dalam berbagai plastida yang termasuk kloroplas. Leukoplas dan jaringan yang mendapat sinar matahari dapat berkembang menjadi kloroplas (misalnya dalam umbi kentang)


Leukoplas

Seperti yang telah diuraikan diatas, plastida dan mitokondria mengandung DNA dan ribosom. Karena itu, kedua organel tersebut secara potensial mempunyai otonomi (organel semiotonom). Petunjuk adanya otonomi ini menimbulkan suatu hipotesis bahwa plastida dan mitokondria secara evolusi berasal dari sel prokariot primitif (misalnya ganggang biru), yang diliputi oleh sel eukariot primitif, yang akhirnya menjadi bentuk simbiosis permanen.

Berdasarkan perannya sebagai penyimpan hasil metabolisme, terdapat 3 jenis leukoplas yang dibedakan berdasarkan fungsinya.

1. Amiloplas : berfungsi menyimpan amilum
2. Elaioplas : berfungsi menyimpan lemak
3. Proteoplas : berfungsi menyimpan protein

Tepung, fitoferitin (suatu senyawa protein-zat besi) dan lemak disimpan dalam bentuk globula yang disebut plastoglobuli, sering terdapat dalam berbagai plastida termasuk kloroplas. Leukoplas dan jaringan yang mendapat sinar matahari dapat berkembang menjadi kloroplas (misalnya pada umbi kentang).

Leukoplas berfungsi untuk menyimpan pati, lemak, atau protein yang kemudian masing-masing disebut amiloplas, elaioplas, atau proteinoplas. Namun dalam banyak jenis sel, leukoplas tidak memiliki fungsi penyimpanan melainkan untuk sintesis asam lemak dan asam amino. Ukuran leukoplas jauh lebih kecil daripada kloroplas.

thumbnail Title : Fungsi Leukoplas
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-04-29T00:32:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 00.32