Pengertian sistem imun


Pengertian sistem imun - Sistem Imun (bahasa Inggris: immune system) adalah sistem pertahanan manusia sebagai perlindungan kepada infeksi dari makromolekul asing alias serangan organisme, tergolong virus, bakteri, protozoa dan parasit. Sistem kekebalan juga berperan dalam perlawanan kepada protein tubuh dan molekul lain seperti yang terjadi pada autoimunitas, dan melawan sel yang teraberasi menjadi tumor.
 Sistem kekebalan alias sistem imun adalah sistem perlindungan pengaruh luar biologis yang diperbuat oleh sel dan organ khusus pada sebuahorganisme. Apabila sistem kekebalan bekerja dengan benar, sistem ini bakal melindungi tubuh kepada infeksi bakteri dan virus, dan menghancurkan sel kanker dan zat asing lain dalam tubuh. Apabila system kekebalan melemah, performanya melindungi tubuh juga bertidak lebih, jadi menyebabkan patogen, tergolong virus yang menyebabkan demam dan flu, bisa berkembang dalam tubuh. Sistem kekebalan juga memberbagi penglihatan kepada sel tumor, dan terhambatnya sistem ini juga telah dilaporkan menambah resiko terkena beberapa tipe kanker.
Kegunaaan dari Sistem Imun
Sumsum
Semua sel sistem kekebalan tubuh bersumber dari sel-sel induk dalam sumsum tulang. Sumsum tulang adalah tempat asal sel darah merah, sel darah putih (tergolong limfosit dan makrofag) dan platelet. Sel-sel dari sistem kekebalan tubuh juga terdapat di tempat lain.
Timus
Dalam kelenjar timus sel-sel limfoid mengalami proses pematangan sebelum lepas ke dalam sirkulasi. Proses ini memungkinkan sel T untuk mengembangkan atribut penting yang dikenal sebagai toleransi diri.
Getah bening
Kelenjar getah bening berbentuk kacang kecil terbaring di sepanjang perjalanan limfatik. Terkumpul dalam website tertentu seperti leher, axillae, selangkangan dan para-aorta daerah. Pengetahuan mengenai website kelenjar getah bening yang penting dalam pemeriksaan fisik pasien.
Mukosa jaringan limfoid terkait (MALT)
Di samping jaringan limfoid berkonsentrasi dalam kelenjar getah bening dan limpa, jaringan limfoid juga ditemukan di tempat lain, khususnya saluran pencernaan, saluran pernafasan dan saluran urogenital.
Mekanisme Pertahanan non Spesifik 
Dilihat dari caranya diperoleh, mekanisme pertahanan non spesifik disebut juga respons imun alamiah. Yang adalah mekanisme pertahanan non spesifik tubuh kami adalah kulit dengan kelenjarnya, lapisan mukosa dengan enzimnya, dan kelenjar lain dengan enzimnya seperti kelenjar air mata. Demikian pula sel fagosit (sel makrofag, monosit, polimorfonuklear) dan komplemen adalah komponen mekanisme pertahanan non spesifik.[bo/amir]
thumbnail Title : Pengertian sistem imun
Posted by : Anonim
Published : 2015-03-01T21:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.00