8 Cara Mengobati Gusi Berdarah Aman dan Mudah


Kesehatan gigi sangat penting untuk kita jaga. Kesehatan gigi tidak hanya terfokus pada karang gigi, gigi berlubang dan sebagainya. Gusi juga menjadi bagian dari mulut yang penting untuk dijaga kesehatannya, apalagi jika gusi mengalami pendarahan. Sebagian orang tidak menganggap serius apa yang terjadi pada gusinya, padahal jika dibiarkan akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius. Di dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengobati gusi berdarah.

cara mengatasi gusi berdarah
Cara mengatasi gusi berdarah



Dalam banyak kasus, gusi bengkak dan berdarah adalah tanda penyakit gusi. Gusi terbuat dari jaringan yang halus, dan jika Anda menyikat gigi terlalu keras dan dengan cara yang salah, dapat membuat gusi merah dan berdarah. Namun, alasan paling umum dari gusi berdarah adalah penumpukan. plak atau karang gigi. Hal ini memungkinkan bakteri tumbuh di sepanjang garis gusi. Kebersihan mulut yang baik dapat mencegah sensitivitas dan perdarahan. 

Mengidentifikasi penyebab gusi berdarah adalah kunci untuk menentukan perawatan yang paling tepat. Berikut adalah cara mengobati gusi berdarah: 

1. Kompres dengan air dingin 

Gusi berdarah tidak selalu disebabkan penyakit gusi. Gusi juga bisa berdarah karena trauma atau cedera pada jaringan gusi. Kompres dingin yang ditempelkan pada garis gusi dapat mengurangi gejala gusi bengkak dan membatasi aliran darah untuk menghentikan pendarahan. 

2. Membersihkan karang gigi 

Karang gigi adalah penyebab paling umum dari gusi berdarah. Sehingga, saat Anda mengalami kondisi ini, segeralah datang ke dokter gigi untuk menjalani scaling gigi atau prosedur pembersihan karang gigi. Dengan diangkatnya karang gigi, maka bakteri-bakteri yang menyebabkan gusi berdarah akan pergi dan kesehatan mulut pun akan kembali. 

3. Lebih rajin sikat gigi 

Meski gusi sedang nyut-nyutan tidak karuan, Anda tidak boleh sampai lupa untuk menyikat gigi! Hal ini dikarenakan cara ini pun menjadi obat untuk mengatasi gusi berdarah. Malas atau jarang sikat gigi justru akan memperparah masalahnya karena semakin banyak bakteri yang bersemayam di gusi. Sikatlah gigi dua kali sehari (pagi dan malam sebelum tidur) setiap hari. 

4. Konsumsi vitamin C dan K 

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi gusi yang menyebabkan gusi berdarah. Selain vitamin C, Vitamin K adalah nutrisi penting karena membantu pembekuan darah. Studi menunjukkan kekurangan vitamin K dapat mempermudah pendarahan termasuk pendarahan gusi. Vitamin K dapat didapatkan dengan konsumsi sayuran seperti bayam, sawi, dan kubis. 

5. Berkumur dengan air garam 

Larutan air garam dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan di mulut. Cara membuat larutan air garam cukup sederhana. Cukup tambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur selama tiga hingga empat kali sehari. 

6. Berhenti merokok 

Bagi perokok, cara terbaik untuk mengatasi gusi berdarah adalah dengan berhenti merokok. Semua orang tahu bahwa rokok dapat membuat mulut kering dan terasa asam. Kondisi mulut seperti ini membuat bakteri di dalamnya lebih mudah berkembang biak dan memperparah infeksinya. Buat Anda yang tidak merokok tapi selalu dekat dengan asapnya, risiko mengalami hal yang sama juga tetap ada. Jadi, sebisa mungkin hindari paparan asap rokok dari lingkungan sekitar. 

7. Batasi karbohidrat 

Mengurangi asupan karbohidrat dapat meningkatkan kesehatan gusi dan mencegah penyakit gusi. Karbohidrat dapat mendorong plak dan pertumbuhan bakteri. Makanan bertepung dapat menempel pada gigi dan gusi lalu terurai menjadi gula. Semakin banyak plak yang menumpuk pada gusi, semakin besar kemungkinan pendarahan pada gusi. Jauhi makanan berpati dan olahan termasuk roti olahan, kue, dan keripik kentang. 

8. Konsumsi teh hijau 

Teh hijau mengandung catechin, antioksidan alami yang dapat menurunkan respons peradangan tubuh terhadap bakteri di mulut. Minum teh hijau setiap hari dapat mencegah dan mengatasi penyakit pada gigi dan mulut. Ini juga dapat menghentikan pendarahan gusi. Pastikan untuk tidak mengonsumsi teh hijau lebih dari empat cangkir per hari. 

Itulah beberapa poin penting cara mengobati gusi berdarah. Namun, jika gusi mengalami pendarahan selama 7 hari berturut-turut maka harus segera diperiksakan ke dokter.
thumbnail Title : 8 Cara Mengobati Gusi Berdarah Aman dan Mudah
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2020-12-11T21:58:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.58