Patologi Pada Sistem Imun dan Hematologi


Patologi Pada Sistem Imun dan Hematologi
1. Penyakit Lupus
Penyakit Lupus adalah penyakit kelebihan kekebalan tubuh. Penyakit Lupus terjadi dampak produksi antibodi berlebihan, jadi tidak berkegunaaan menyerang virus, kuman alias bakteri yang ada di tubuh, melainkan justru menyerang sistem kekebalan sel dan jaringan tubuh sendiri.
2. Anemia Hemolitik dan Anemia Aplastik
Anemia hemolitik autoimun (Autoimmune Hemolytic Anemia, AIHA) adalah kelainan darah yang didapat, dimana autoantibodi IgG yang dibentuk terbelit pada membran sel darah merah (SDM). Antibodi ini umumnya berhadapan langsung dengan komponen dasar dari sistem Rh dan sebetulnya bisa terkesan pada SDM semua orang. Pasien mengelu fatig dan keluhan ini bisa terkesan bersama dengan angina alias gagal jantung kongestif. Pada pemeriksaan fisik, biasanya bisa ditemukan iksemakin dan splenomegali. Sedangkan, Anemia Aplastik terjadi sebab ketidaksanggupan sumsung tulang untuk membentuk sel-sel darah.
3. Leukemia
Leukemia dikenal sebagai kanker darah adalah penyakit dalam klasifikasi kanker (istilah medis: neoplasma) pada darah alias sumsum tulang yang ditandai oleh pertidak sedikitan dengan cara tidak normal alias transformasi maligna dari sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid, umumnya terjadi pada leukosit (sel darah putih) Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tidak normal alias abnormal. Sel tidak normal ini keluar dari sumsum dan bisa ditemukan di dalam darah perifer alias darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis alias proses pembentukan sel darah normal dan imunitas tubuh penderita.
4. AIDS
Acquired Immunodeficiency Syndrome alias Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang muncul sebab rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia dampak infeksi virus HIV alias infeksi virus-virus lain yang mirip yang menyerang spesies lainnya (SIV, FIV, dan lain-lain). Beberapa gejala AIDS umumnya tidak bakal terjadi pada orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang baik. Tidak sedikit kondisi tersebut dampak infeksi oleh bakteri, virus, fungi dan parasit, yang biasanya dikendalikan oleh unsur-unsur sistem kekebalan tubuh yang dirusak HIV. Infeksi oportunistik umum didapati pada penderita AIDS. HIV mempengaruhi hampir semua organ tubuh. Penderita AIDS juga berisiko lebih besar menderita kanker seperti sarkoma Kaposi, kanker leher rahim, dan kanker sistem kekebalan yang disebut limfoma.[bo/amir]
thumbnail Title : Patologi Pada Sistem Imun dan Hematologi
Posted by : Anonim
Published : 2015-03-02T18:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 18.00