Gangguan pada Sistem Ekskresi


Gangguan pada Sistem Ekskresi - Mengingat manfaat ginjal yang amat penting bagi kelangsungan nasib organism maka semaksimal mungkin segala gangguan kepada ginjal wajib dihindarkan. Akan namun, ini adalah pekerjaan berat. Tak sedikit kelainan serta gangguan pada manfaat ginjal, di antaranya bakal dijelaskan sebagai berikut.
1. Diabetes
Penyebab diabetes ada dua macam. Pertama diabetes insipidus, terjadi dampak ketidakmampuan si penderita untuk memproduksi hormon ADH. Ketiadaan ADH menyebabkan penderita rutin ingin kencing, hampir setidak sedikit 20 kali sehari. Dampaknya penderita rutin merasa haus sekali. Kedua, yaitu diabetes mellitus. Diabetes mellitus adalah penyakit yang didampakkan kegagalan pankreas memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah supaya tak melebihi normal. Berlebihnya gula dalam darah tak mampu diserap kembali seluruhnya oleh tubulus proksimal jadi gula tersebut terkandung dalam urin penderita.
2. Nefritis
Nefritis adalah peradangan di ginjal khususnya pada glomerulus. Penyebabnya adalah bakteri Streptococcus yang masuk melewati saluran pernapasan, kemudian dibawa oleh darah serta selanjutnya ke ginjal. Peradangan menyebabkan glomerulus terus bercelah-celah melebihi pori-pori yang telah ada. Dampaknya, sel-sel darah dan protein masuk ke tubulus bersama filtrat glomerulus. Sel darah serta protein tidak dapat direabsorpsi serta keluar bersama urin. Urin bakal tampak merah alias keruh. Pemberian antibiotik serta istirahat total biasanya bakal menyembuhkan nefritis.
3. Uremia
Uremia adalah kegagalan ginjal membuang limbah metabolisme secara normal. Ini bisa dikarenakan berbagai faktor, umpama nefritis, kerusakan saluran kencing, infeksi bakteri, overdosis vitamin D, shock berat, terbakar, keracunan, reaksi sebab tranfusi darah, diabetes, serta benturan fisik tubuh. Gejalanya sakit kepala serta keinginan kencing yang tiba-tiba serta tak tertahankan. Pada uremia yang parah biasanya diperbuat hemodialisa (cuci darah) alias transplantasi ginjal baru.
4. Anuria
Anuria adalah kegagalan ginjal tak bisa membikin urin sedikit pun. Ini juga sebab adanya kerusakan glomerulus. Filtrasi tak bisa diperbuat sehingga tidak ada urin yang terbentuk. Tekanan darah yang rendah juga menghambat masuknya filtrat glomerulus ke tubulus jadi menyebabkan anuria juga.
5. Kencing Batu alias Batu Ginjal
Batu ginjal bisa berkapasitas sangat kecil alias mendekati ukuran bola tenis meja. Batu terbentuk dari senyawa kalsium serta penumpukan asam urat. Pembentukan batu ginjal tak lebih diketahui penyebabnya serta susah dicegah maupun diobati. Dengan diet, pembentukan batu ginjal bisa ditidak lebihi.
6. Sistitis (Cystitis)

Sistitis adalah radang selaput mukosa kantong kemih, dikarenakan infeksi bakteri alias sebab zat-zat kimia, alias kerusakan fisik. Lebih tak sedikit terjadi pada wanita sebab saluran kemihnya (uretranya) lebih pendek, memudahkan masuknya bakteri dari luar.[bo/amir]
thumbnail Title : Gangguan pada Sistem Ekskresi
Posted by : Anonim
Published : 2015-02-24T22:47:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.47