Klasifikasi Ayam


Klasifikasi Ayam - Ayam merupakan hewan peliharaan yang tergolong ordo Galliformes dan di alam terdapat 290 spesies yang termasuk ordo galliformes. Ayam diklasifikasikan dalam Famili Phasianidae dan Subfamili phasianinae karena memiliki dimorfisme seksual atau perbedaan bentuk antara jantan dan betina. Ayam Jantan dihiasi dengan warna terang, jambul dan ekor yang panjang. Ayam ini merupakan salah satu subspesies dari Gallus gallus.

Ayam
Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar. Dengan populasi lebih dari 24 milyar pada tahun 2003, Firefly's Bird Encyclopaedia menyatakan ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lainnya. Ayam memasok dua sumber protein dalam pangan: daging ayam dan telur.

Ayam ini banyak di pelihara karena mempunyai banyak keuntungan bagi kehidupan manusia diantara nya yaitu bisa di manfaat kan daging nya untuk di konsumsi atau pun di jual, selain itu dapat juga di manfaat kan telur nya, baik juga untuk di konsumsi atau pun di jual.

Selain itu ayam ini adalah hewan pemakan segala jadi kita tidak akan susah merawat nya, berdasarkan fungsi nya, ada beberapa jenis ayam yang biasa di jadikan hewan peliharaan yaitu contoh nya ayam hias, ayam petelur, ayam sabung, dan ayam pedaging, dan dari semua fungsi tersebut jenis nya pun sangat sesuai sekali dengan fungsi nya.

Klasifikasi Ayam
Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub Filum : Vertebrata
Super Kelas : Gnathosmata
Kelas : Aves
Ordo : Galliformes
Famili : Phasianidae
Genus : Gallus
Spesies : Gallus gallus


thumbnail Title : Klasifikasi Ayam
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-01-16T19:55:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 19.55