Klasifikasi Udang


Klasifikasi Udang - Udang merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Tapi kita perlu tahu tentang hewan kecil ini. Udang merupakan hewan Crustacea . Crustacea adalah hewan akuatik (air) yang terdapat di air laut dan air tawar.  Kata Crustacea berasal dari bahasa latin yaitu kata Crusta yang berarti cangkang yang  keras.

udang

Tubuh udang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala dan bagian badan. Bagian kepala menyatu dengan bagian dada disebut cephalothorax yang terdiri dari 13 ruas, yaitu 5 ruas di bagian kepala dan 8 ruas di bagian dada. Bagian badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas, tiap-tiap ruas (segmen) mempunyai sepasang  anggota badan (kaki renang) yang beruas-ruas pula. Pada ujung ruas keenam terdapat  ekor kipas 4 lembar dan satu telson yang berbentuk runcing (Rizal , 2009).

Ciri-ciri morfologi udang menurut Fast dan Laster (1992), mempunyai tubuh yang bilateral simetris terdiri atas sejumlah ruas yang dibungkus oleh kintin sebagai eksoskleton. Tiga pasang maksilliped yang terdapat dibagian dada digunakan untuk  makan dan mempunyai lima pasang kaki jalan sehingga disebut hewan berkaki sepuluh (Decapoda). Tubuh biasanya beruas dan sistem syarafnya berupa tangga tali. 

Dilihat dari luar, tubuh udang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian depan dan bagian belakang. Bagian depan disebut bagian kepala, yang sebenarnya terdiri dari bagian kepala dan dada yang menyatu. Bagian kepala tertutup kerapak, bagian perut terdiri dari lima ruas yang masing-masing ruas mempunyai pleopod dan ruas terakhir terdiri dari ruas perut, dan ruas telson serta uropod (ekor kipas). Tubuh udang mempunyai  rostrum, sepasang mata, sepasang antena, sepasang antenula bagian dalam dan luar, tiga buah maksilipied, lima pasang cholae (periopod), lima pasang pleopod, sepasang  telson dan uropod.

Udang bersifat heteroseksual, artinya antara individu jantan dan betina dapat dibedakan. Organ reproduksi jantan dinamakan petasma yang berfungsi sebagai alat bantu untuk meletakkan sperma. Petasma terletak berupa tonjolan pada baris pasangan kaki kelima. Sedangkan organ reproduksi betina dinamakan thelicum yang berfungsi untuk menampung atau menyimpan sperma. Thelicum berupa tonjolan pada pasangan kaki jalan ketiga. Pada individu betina, segmen kedua mengalami pemanjangan dan pelebaran yang berfungsi sebagai broodchamber untuk mengerami telur. Waktu matang gonad pada udang betina terlihat jelas berwarna oranye


  • Peranan Crustacea (Udang).

* Menguntungkan :
- Sebagai bahan makanan berprotein tinggi
- Sebagai zooplankton yaitu sumber makanan ikan
* Merugikan :
- Merusak galangan kapal
- Parast pada ikan dan kura kura
- Merusak pematang sawah / saluran irigasi

Klasifikasi Udang
Kingdom : Animalia 
Filum : Arthropoda 
Kelas : Crustaceae 
Sub Kelas : Malacostraca 
Ordo : Decapoda 
Family : Palaemonoidae 
               Penaeidae 
Genus : Macrobranchium 
              Caridina 
               Penaeus 

              Metapenaeus 
thumbnail Title : Klasifikasi Udang
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-13T21:31:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.31