Ribosom


Ribosom - Ribosom merupakan partikel yang kompak/padat atau suatu bagian yang terdapat di dalam sebuah sel. Ribosom merupakan organel yang amat kecil dengan mempunyai diameter hanya diantara 20 hingga 25 nanometer. Terdapat di jalinan endoplasma kasar atau tertabur secara bebas di dalam sitoplasma.
ribosom
Ribosom merupakan struktur paling kecil yang tersuspensi dalam sitoplasma dan terdapat di sel  eukaryot maupun prokaryot. Pada sel eukaryot, ribosom terdapat bebas dalam sitoplasma atau terikat RE. Ribosom tersusun atas protein dan RNA. Ribosom berperan dalam sintesis protein.

Ribosom merupakan struktur atau kelompok multimolekul yang berperan sebagai tempat untuk sintesis protein. Ribosom terdapat di dalam sel, dalam sel prokaryot ribosom sering ditemukan secara bebas di sitoplasma sedangkan pada sel eukaryot selain terdapat di dalam sitoplasma, mitokondria, juga menempel pada membran RE dan nukleus. Ribosom terdiri dari molekul-molekul protein dan rRNA. Ribosom sel prokaryot lebih kecil dibandingkan dengan ribosom eukaryot.
thumbnail Title : Ribosom
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-06-29T22:08:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.08