Metabolisme Asam nukleat


Metabolisme Asam nukleat - Asam nukleat dinamai demikian karena keberadaan umumnya di dalam inti (nukleus) sel. Asam nukleat merupakan biopolimer, dan monomer penyusunnya adalah nukleotida. Setiap nukleotida terdiri dari tiga komponen, yaitu sebuah basa nitrogen heterosiklik (purin atau pirimidin), sebuah gula pentosa, dan sebuah gugus fosfat. Jenis asam nukleat dibedakan oleh jenis gula yang terdapat pada rantai asam nukleat tersebut (misalnya, DNA atau asam deoksiribonukleat mengandung 2-deoksiribosa). Selain itu, basa nitrogen yang ditemukan pada kedua jenis asam nukleat tersebut memiliki perbedaan: adenin, sitosin, dan guanin dapat ditemukan pada RNA maupun DNA, sedangkan timin dapat ditemukan hanya pada DNA dan urasil dapat ditemukan hanya pada RNA.



molekul nukleotida terdiri atas nukleosida yang mengikat asam fosfat. Molekul nukleosida terdiri atas pentosa ( deoksiribosa atau ribose ) yang mengikat suatu basa (purin atau pirimidin). Jadi apabila suatu nukleoprotein dihidrolisis sempurna akan dihasilkan protein, asam fosfat, pentosa dan basa purin atau pirimidin. Rumus berikut ini akan memperjelas hasil hidrolisis suatu nukleoprotein.

Beberapa fungsi penting asam nukleat adalah menyimpan, menstransmisi, dan mentranslasi informasi genetik; dan reaksi-reaksi informasi energi; koenzim pembawa energi; zat gula, senyawa amino dan biomolekul lainnya; koenzim reaksi oksidasi reduksi.

Metabolisme Asam nukleat pada Fungi
Slaughter melaporkan bahwa fungi berfilamen mengkatabolisme protein. Kapang A. nidaluns , P. chrysogenum dan Fusarium moniliforme dapat dimanfaatkan hipoxanthin, xanthin, asam urat dan adnin sebagai sumber nitrogen.


Kemampuan menggunakan basa purin dan pirimidin bervariasi pada khamir. Saccharomyces cerevisiae tumbuh baik pada medium mengandung allantoin, asam allantoat, dan agak baik apada adenine, guanine, atau sitosin. Menurut Slaughter beberapa strain dari S. cerevisiae dapat menggunakan sitosin dan oksipirimidin, tetapi purin tidak dapat, sebagai sumber nitrogen. Sebagaian besar strain dari S. cerevisiae dapat menggunakan allantoin sebgai satu-satunya sumber nitrogen.
thumbnail Title : Metabolisme Asam nukleat
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-06-02T10:40:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.40