Klasifikasi Duku


Klasifikasi Duku - Duku atau langsat merupakan salah satu tanaman buah, dimana memiliki buah yang manis. Duku berasal dari asia barat dan sekarang penyebarannya sampai ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Duku merupakan salah satu tanaman buah tropis. Tanaman buah ini termasuk tanaman tahunan (perenial) yang masa hidupnya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan tahun. 

Buah duku

Ditinjau dari status taksonomis duku, kokosan dan langsat masih belum mempunyai klasifikasi yang tetap. Menurut beberapa ahli taksonomi belum tetapnya pengklasifikasian tersebut antara lain disebabkan oleh tingginya tingkat kemiripan morfologis terutama pada duku dan langsat (Te-chato et al., 1995). Partenokarpi dan apomiksis yang terjadi pada duku, kokosan dan langsat mengakibatkan perbandingan morfologis sulit dibedakan karena tumbuhan ini sering tumbuh pada lokasi yang sama. Selain itu pemberian nama daerah tidak konsisten sehingga nama yang sama diberikan untuk varietas yang berbeda ataupun sebaliknya nama yang berbeda  digunakan untuk varietas yang sama (Verheij & Coronel, 1997). Karakter fenotipik  yang dapat membedakan tumbuhan ini, baru dapat diamati setelah tumbuhan memasuki masa berbuah yaitu setelah tumbuhan berumur 5-10 tahun.

Duku atau dikenal dalam istilah latin Lansium domesticum, umumnya memiliki pohon yang bertajuk besar, padat oleh dedaunan yang berwarna hijau cerah, dengan tandan yang relatif pendek dan berisi sedikit buah. Butiran buahnya besar, cenderung bulat, berkulit agak tebal namun cenderung tidak bergetah bila masak, umumnya berbiji kecil dan berdaging tebal, manis atau masam, dan berbau harum.

Klasifikasi Duku (sumber dari plantamor.com)
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Meliaceae 
Genus: Lansium
Spesies: Lansium domesticum Corr
thumbnail Title : Klasifikasi Duku
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-11T21:10:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.10