Pengertian Amensalisme


Pengertian Amensalisme - Dalam ilmu ekologi baik ekologi hewan maupun ekologi tumbuhan, terdapat proses interaksi antara makhlukhidup dengan lingkungannya. Proses interaksi ini biasanya dalam ekologi disebut simbiosis. Simbiosis ini mengakar pada kata Yunani dan secara sederhana diartikan sebagai hubungan antara dua sepsis yang berbeda yang bisa saja menguntungkan, merugikan atau tidak memberikan pengaruh apapun. Simbiosis ini dibagi ke dalam beberapa bagian. Salah satunya adalah simbiosis amensalisme.

Proses simbiosis amensalisme


Amensalisme yaitu interaksi antara dua spesies atau lebih yang berakibat salah satu pihak dirugikan, sedangkan pihak yang lainnya tidak terpengaruh oleh adanya asosiasi atau tidak berakibat apa-apa (tidak rugi dan tidak untung). Pada banyak kasus, interaksi Amensalisme disebabkan oleh fenomena alelopati. Alelopati adalah fenomena ketika suatu organisme menghasilkan zat kimia yang memengaruhi pertumbuhan, kelangsungan hidup, dan reproduksi organisme lain di sekitarnya. Zat kimia yang dihasilkan disebut alelokimia. 

Alelokimia berupa metabolit sekunder yang tidak diperlukan dalam metabolisme organisme alelopati. Contohnya Nerium oleander menghasilkan racun oleandrin yang mematikan bagi manusia, ganggang Hydrodictyon dan Scenedesmus menghasilkan antibiotik yang dapat mematikan bakteri tertentu.
thumbnail Title : Pengertian Amensalisme
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2015-09-16T23:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 23.00