Pengertian dan Ciri-ciri Dinoflagellata


Pengertian dan Ciri-ciri Dinoflagellata - Dinoflagellata adalah grup fitoplankton yang sangat umum ditemukan di laut setelah diatom. Dinoflagellata termasuk dalam kelas dinophyceae. Ciri khas yang terdapat pada dinoflagellata adalah kandungan pigmen dalam selnya, yang tidak saja mengandung klorofil-a dan klorofil-c, tetapi yang sangat spesifik adalah kandungan pigmen a-carotene dan grup xanthophylls, termasuk dinoxanthin , peridinin, dan diadinoxanthin. Kehadiran pigmen ini menyebabkan warnanya umumnya pigmen kekuningan, Ciri lain dari Dinoflagellata adalah organ bentuk bergerak berupa flagela yang bentuknya seperti bulu cambuk.


Reproduksi pada Dinoflagellata umumnya adalah dengan pembelahan sel (binary fission). Laju pembelahan ini akan sangat tinggi bila lingkungannya optimal, meskipun terdapat variasi antar jenis dan antarwaktu, Masa penggandaan (doubling time) pada peridinium misalnya berkisar 10 hingga 50 jam, prorocentrum berkisar 12 hingga 127 jam, Exuviella antara 15 hingga 90 jam, dan Ceratium furca maksimum 48 jam.

Banyak jenis Dinoflagellata dapat membentuk sista. Beberapa jenis dapat mebalut dirinya dengan lapisan bergelatin (gelatinous), sebagai tahap istirahat. Yang paling spesifik adalah dengan membentuk dinding tebal yang meliputi sel dan membentuk spora istirahat. Sista Dinoflagellata ini sering mengendap di dasar laut, dan di situ ia tumbuh kembali sebagai plankton. 

Ada beberapa marga Dinoflagellata yang sering dijumpai, antara lain Prorocentrum, Gymnidinium, Noctiluca, Gonyaulax, Ceratium, Ceratocorys, Ornithocercus, Amphisolenia. Banyak jenis Dinoflagellata yang mempunyai arti penting bagi perikanan, karena merupakan makanan bagi banyak jenis ikan yang bernilai ekonomi.
thumbnail Title : Pengertian dan Ciri-ciri Dinoflagellata
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-12-08T11:06:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 11.06