Klasifikasi Bunga Allamanda cathartica


Klasifikasi Bunga Allamanda cathartica - Bunga Allamanda cathartica merupakan salah satu jenis tumbuhan yang tumbuh liar, biasanya tumbuhan ini dijadikan sebagai bahan praktikum. yang unik dari tumbuhan ini adalah bunganya yang berwarna khas, yaotu warna kuning. Pada beberapa tempat tanaman ini juga dijadikan sebagai tanaman hias. Bunga alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan dan banyak ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya yang indah.

Klasifikasi Bunga Allamanda cathartica

Bunga alamanda, adalah bunga yang berwarna kuning (umumnya yang kita jumpai adalah kuning), indah berbentuk seperti terompet, dan mampu berbunga terus menerus sepanjang taun, dan batang tanaman ini keras dan bergetah. Penggemar fanatik Bunga ini kebanyakan mempunyai kepercayaan bahwa tanaman berbunga kuning ini bisa dipakai sebagai penolak bala jika ditanam dihalaman rumah.

Bunga allamanda

Alamanda dapat ditemukan pada daerah sekitar sungai atau tempat terbuka yang terkena banyak sinar matahari dengan hujan yang cukup dan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Tanaman ini tidak mampu tumbuh pada tanah yang bergaram atau terlalu basa dan tanaman ini juga tidak tahan suhu rendah. Suhu -1 °C dapat mematikan tanaman tersebut karena tanaman ini sangat sensitif terhadap suhu dingin. Tanaman alamanda berbunga sepanjang tahun di banyak habitat.

Manfaat :

  • Daun Allamanda berkhasiat untuk penawar racun.
  • Getahnya yg berwarna putih digunakan sebagai obat kanker dan pencegah kuman atau bakteri.
  • Bunga Allamanda digunakan sebagai obat untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa.
  • Akarnya digunakan untuk mencegah penyakit kuning.


Klasifikasi Bunga Allamanda cathartica
Kingdom  Plantae
Divisi  Magnoliophyta
Kelas  Magnoliopsida
Ordo  Gentianales
Famili  Apocynaceae
Genus  Allamanda
Spesies  Allamanda cathartica L.
thumbnail Title : Klasifikasi Bunga Allamanda cathartica
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-11-15T16:00:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 16.00