ATP Sintetase


ATP Sintetase - ATP sintetase merupakan komplek enzim dalam membran dalam mitokondria yang terdiri dari 10 Polipeptida. Setengahnya merupakan protein intrinsik dan setengahnya merupakan protein ekstrinsik yang menonjol ke dalam matriks. Protein ekstrinsik yang menonjol ke dalam matriks ini merupakan suatu agregat dari komplek enzim yang disebut F1 ATP-ase, yakni suatu tempat terjadinya aktivitas ATP-ase. Sedangkan protein intrinstiknya merupakan agregat yang tidak larut dalam air dan disebut Fo yang berisi reseptor dengan dua sisi tempat pengikatan (site banding), satu untuk oligomosin dan satunya lagi untuk disikloheksilkarbodiimid (DSKD), suatu inhibitor spesifik untuk produski ATP. Yang satu dengan BM 19.000 dalton, sangat responsible terhadap oligomosin, tempat ini disebut OSCP (oligomycinsensitivity-conferring-protein), sedangkan yang lain dengan BM 10.000 sangat hidrofobik, suatu tempat pengikatan DSKD.

ATP SINTETASE


Dengan mikroskop elektron komplek ATP-sintetase sekarang sudah diketahui bahwa strukturnya berhubungan dengan partikel-partikel bertangkai atau partikel-partikel berkepala (knob). Partikel-partikel berkepala (knoblike) tersebut ternyata adalah partikel F1.

Membran dalam yang rusak (sobek atau pecah) akan memperlihatkan adanya gelembung-gelembung kasar dengan struktur berkepala (knob) di bagian luarnya. Karena itu dahulu disangka bahwa partikel-partikel tersebut menonjol ke ruang antar membra. Sekarang telah diketahui degan pasti gelombag-gelombang kasar itu terjadi karena adanya fragmen krista mitokondria yang menyambung kembali (memperbaiki diri) setelah krista itu terputus.

Partikel F1 berukuran 85 nm, dapat dilepas dari gelembung dengan perlakuan enzim tripsin atau urea, dan ternyata gelembung-gelembung yang sudah halus (karena kehilangan partikel F1) akan kehilangan aktivitas ATP-ase-nya. Dengan perlakuan tertentu dimana partikel F1 dapat dipasang kembali pada gelembung yang sudah halus tadi, ternyata aktivitas ATP-ase timbul kembali. Jadi partikel F1 yang berupa struktur berkepala atau knoblike tadi merupakan lokasi dari aktivitas ATP-ase dan tempat sintetis ATP dalam mitokondria.
thumbnail Title : ATP Sintetase
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-03-28T20:09:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 20.09