Klasifikasi Alang-alang


Klasifikasi Alang-alang (Imperata cylindrica) - Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman liar yang tumbuh tinggi di tanah lapang yang luas. kerap menjadi gulma di lahan pertanian.Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail.
ALANG-ALANG

Daun tidak lengkap yang disebut daun pipih, terdiri dari upih daun (vagina) dan helaian daun (lamina), bangun daun bangun pita (ligulatus), ujung daun runcing (acutus), tulang-tulang daun sejajar atau lurus (rectinervis), tapi daun rata (integer), daging daun tipis seperti kertas (papyraceus), warna daun hijau dengan permukaan atas lebih gelap dari permukaan bawah, sifat permukaan atas licin (laevis), permukaan licin (laevis), upih daun berwarna putih keunguan, ada lidah-lidah atau ligula pada perbatasan upih daun dengan helaian daun.Tepi daun diselubungi rambut, pangkal daun lebih lebar dan di bagian ujungnya menyempit; terdapat lapisan ligula, panjangnya 1 mm; daun memiliki bentuk menggaris-lanset, pipih, lurus, terdapat bulu-bulu panjang yang halus di bagian pangkal daun.

Tumbuh berumpun dengan tinggi sekitar 30 – 180cm. Alang-alang memiliki batang berbentuk silindis dengan diameter 2-3mm dan memiliki ruas ruas. alang-alang memiliki bunga berbentuk majemuk berbentuk bulir (spica) dan bertangkai panjang. Buah pada alang-alang berbentuk biji yang memiliki pajang ±1mm dan berwarna cokelat tua.

KLASIFIKASI ALANG-ALANG
Kingdom               : Plantae
Subkingdom          : Tracheobionta
Super Divisi          : Spermatophyta
Divisi                     : Magnoliophyta
Kelas                     : Liliopsida
Sub Kelas              : Commelinidae
Ordo                      : Poales
Famili                    : Poaceae
Genus                    : Imperata
Spesies                  : Imperata cylindrica (L.) Beauv
thumbnail Title : Klasifikasi Alang-alang
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2014-08-01T22:06:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 22.06