Klasifikasi Aedes aegypti


Klasifikasi Aedes aegyptiAedes aegypti merupakan salah satu jenis spesies nyamuk parasit yang berbahaya karena membawa virus dengue yang merupakan penyebab penyakit demam berdarah. Selain virus dengue nyamuk ini juga merupakan vektor virus yang menyebabkan beberapa penyakit termasuk demam kuning, chikungunya, dan yang terbaru demam zika yang disebabkan oleh virus zika. Namun dalam artikel ini biologionline.info akan membahas tentang klasifikasinya bukan membahas tentang kesehatan dan penyakit mengenai nyamuk ini.

Aedes aegypti

Nyamuk Aedes aegypti (Diptera: Culicidae) disebut black-white mosquito, karena tubuhnya ditandai dengan pita atau garis-garis putih  keperakan di atas dasar hitam. Panjang badan nyamuk ini sekitar 3-4 mm dengan  bintik hitam dan putih pada badan dan kepalanya, dan juga terdapat ring putih pada  bagian kakinya. Di bagian dorsal dari toraks terdapat bentuk bercak yang khas berupa  dua garis sejajar di bagian tengah dan dua garis lengkung di tepinya. Bentuk abdomen  nyamuk betinanya lancip pada ujungnya dan memiliki cerci yang lebih panjang dari  cerci pada nyamuk-nyamuk lainnya. Ukuran tubuh nyamuk betinanya lebih besar 
dibandingkan nyamuk jantan

Siklus Hidup Aedes aegypti

Aedes aegypti mengalami metamorfosis sempurna, yaitu mengalami  perubahan bentuk morfologi selama hidupnya dari stadium telur berubah  menjadi stadium larva kemudian menjadi stadium pupa dan menjadi  stadium dewasa.  Aedes aegypti dewasa berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan  ukuran nyamuk rumah (Culex quinquefasciatus).

Larva Ae. aegypti mempunya ciri-ciri yaitu mempunyai corong udara pada segmen yang terakhir, pada segmen abdomen tidak ditemukan adanya rambut-rambut berbentuk kipas (Palmatus hairs), pada corong udara terdapat pectin, Sepasang rambut serta jumbai akan dijumpai pada corong (siphon), pada setiap sisi abdomen segmen kedelapan terdapat comb scale sebanyak 8-21 atau berjajar 1 sampai 3. Bentuk individu dari comb scale seperti duri. Pada sisi thorax terdapat duri yang panjang dengan bentuk kurva dan adanya sepasang rambut di kepala.

Ada 4 tingkatan perkembangan (instar) larva sesuai dengan pertumbuhan larva yaitu:

  1. Larva instar I; berukuran 1-2 mm, duri-duri (spinae) pada dada belum jelas dan corong pernapasan pada siphon belum jelas.
  2. Larva instar II; berukuran 2,5–3,5 mm, duri–duri belum jelas corong kepala mulai menghitam.
  3. Larva instar III; berukuran 4-5 mm, duri-duri dada mulai jelas dan corong pernapasan berwarna coklat kehitaman.
  4. Larva instar IV; berukuran 5-6 mm dengan warna kepala gelap.
Perilaku

Aedes aegypti bersifat diurnal atau aktif pada pagi hingga siang hari. Penularan penyakit dilakukan oleh nyamuk betina karena hanya nyamuk betina yang mengisap darah. Hal itu dilakukannya untuk memperoleh asupan protein yang diperlukannya untuk memproduksi telur. Nyamuk jantan tidak membutuhkan darah, dan memperoleh energi dari nektar bunga ataupun tumbuhan. Jenis ini menyenangi area yang gelap dan benda-benda berwarna hitam atau merah. Demam berdarah kerap menyerang anak-anak karena anak-anak cenderung duduk di dalam kelas selama pagi hingga siang hari dan kaki mereka yang tersembunyi di bawah meja menjadi sasaran empuk nyamuk jenis ini.

Klasifikasi Aedes aegypti
Kingdom : Animalia 
Filum : Arthropoda 
Kelas : Insecta 
Bangsa : Diptera 
Suku : Culicidae 
Marga : Aedes 
Jenis : Aedes aegypti L










thumbnail Title : Klasifikasi Aedes aegypti
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2016-02-04T10:38:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.38