Jaringan otot


Jaringan otot - Jaringan otot merupakan kumpulan sel otot yang berfungsi melakukan gerak pada  berbagai bagian tubuh. Sel-sel otot umumnya berbentuk. langsing memanjang mengandung serabut-serabut yang disebut myofibril. Sitoplasmanya disebut sarcoplasma dan membrannya disebut sarcolemma.

otot jantung
Pada umumnya jaringan otot dapat dibedakan atas 3 macam yaitu otot polos, otot rangka, dan otot jantung. Otot rangka dan otot jantung lebih banyak mengandung protein kontraktil dibandingkan otot polos.

• Otot polos
Tersusun oleh sel-sel yang berbentuk kumparan halus, masing-masing dengan m nucleus yang terletak di tengah, berbentuk oval, dan mempunyai fibril-fibril yang homogen. Sel-sel serabut tersebut tersusun dalam lapisan yang diikat dengan jaiingan pengikat fibrosa. umummya otot ini dapat ditemukan pada aiat-alat daiam  tubun vertebiata, rnisalnya pada dinding saluran pencernaan, dan saluran pencernaan

@ Otot Rangka
Sel-selnya silindris berbentuk prisma yang biasanya berinti banyak, dan serat seratnya bersatu membentuk berkas yang disebut fasikuli Fibril-fibrilnya tampak mempunyai gambaran jalur melintang gelap dan terang yang berselang seling. Pada vertebrata, kelompok sel otot ini terikat bersama jaringan pengikat membentuk otot yang bermacam-macam.

 Otot Jantung. -
Otot. ini mempunyai struktur yang sama dengan otot rangka namun antara selselnya yang berdapingan membran selnya beranyaman dan merupakan jembatan penghubung yang disebut sinsytium. Walaupun mempunyai struktur yang sama dengan otot rangka namun sifatnya berbeda. Otot jantung merupakan involuntary muscle sedangkan otot rangka merupakan voluntary muscle.


thumbnail Title : Jaringan otot
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-06-29T10:25:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 10.25