Usus Halus


Usus Halus - Dalam usus halus, proses-proses pencernaan diselesaikan dan hasil-hasil pencernaan diabsorbsi. usus relatif panjang, pada manusia kira-kira 6 meter dan ini memungkinakan kontak yang lama antara makanan dan enzim-enzim pencernaan serta antara hasil-hasil pencernaan dan sel-sel absortif epitel pembatas. Usus halus manusia terdiri atas 3 segmen yaitu Duodenum, yeyenum, dan ileum.

USUS HALUS MANUSIA
Pada usus halus terdapat vili intestinalis yang panjangnya 0,5-1,5 mm merupakan pertumbuhan keluar mukosa (epitel ditambah lamina propria) yang menonjol ke dalam lumen usus. Dalam duodenum mereka berbentuk seperti daun, lambat laun berbentuk seperti jari waktu mencapai ileum. terdapat kelenjar intestinal atau kelenjar Lieberkuhn. Mukosa usus halus dibatasi oleh beberapa jenis sel yang tersering adalah sel epitel toraks (absortif), sel paneth, dan sel-sel yang mengsekresikan polipeptida endokrin.

Sel-sel absortif memiliki fungsi mengabsorbsi metabolit-metabolit yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan. Terdapat sel-sel goblet terselip antara sel-sel absorbsi. Jumlah mereka lebih sedikit dalam deudenum dan bertambah bila mencapai ileum. Mereka menghasilkan glikoprotein asam yang berfungsi melindungi dan melumasi sel pembatas usus halus.

Selsel Paneth pada bagian basal kelenjar intestinal merupakan sel eksokrin serosa yang mensintesis kompleks protein dan polisakarida. sel-sel ini mempunyai aktivitas anti bakteri dan memegang peranan dalam mengawasi flora usus halus.
thumbnail Title : Usus Halus
Posted by : Budhii Yanto
Published : 2013-05-08T21:26:00+08:00
Rating : 4,5
Reviewer : 50 Reviews

Posted by: Budiyanto
biologionline Updated at: 21.26